Yayasan Pendidikan Citra Abdi Negoro Gelar “Japan Day”

Konsul Muda Jepang di Medan Masamu Yamamori (kanan) berfoto di depan Prasasti Peresmian Gedung Sekolah oleh Pemerintah Jepang bersama dengan Kepala MTs Citra Abdi Negoro, M. Salami (kiri) di Kecamatan Sei Balai, Kabupaten Batubara kemarin.

sentralberita|Medan~Yayasan Pendidikan Citra Abdi Negoro, Kecamatan Sei Balai, Kabupaten Batubara menggelar acara “Japan Day” sebagai peringatan peresmian Gedung Belajar MTs Citra Abdi Negoro yang dibangun dengan bantuan Hibah Grassroots dari Pemerintah Jepang sebesar Rp846.085.460 dan direalisasikan di tahun anggaran 2011.

Siaran pers dari Konsulat Jenderal Jepang di Medan yang diterima Berita Kamis (21/2) menyebutkan penyelenggaraan “Japan Day” berlangsung di sekolah pada Rabu (20/2). Gedung sekolah yang didirikan dengan bantuan hibah Grassroots dari Pemerintah Jepang merupakan bangunan dua lantai yang terdiri dari delapan ruang kelas serta empat buah toilet.

Acara “Japan Day” sendiri merupakan kegiatan tahunan yang diadakan sejak gedung sekolah tersebut diresmikan oleh Konsulat Jenderal Jepang di Medan pada tanggal 6 Desember 2012. Perayaan “Japan Day” tahun ini diadakan pihak yayasan dengan mengadakan perlombaan di bidang olahraga, agama, dan seni, antar sekolah yang mulai dilaksanakan sejak tanggal 9 Pebruari 2019.

Puncak acara dihadiri Konsul Muda Jepang di Medan Masamu Yamamori yang turut memberikan sosialisasi beasiswa Pemerintah Jepang kepada murid MTs dan SMK Citra Abdi Negoro. Masamu Yamamori dalam sambutanya menyampaikan rasa terima kasihnya kepada pihak sekolah yang telah merawat gedung sekolah dengan baik dan rasa bangganya kepada pihak sekolah karena mampu berprestasi tidak hanya di bidang akademik namun juga di bidang olahraga.

M Salimi selaku Ketua Panitia menyampaikan dalam pidatonya bahwa acara bertujuan untuk menjalin silahturahmi antara yayasan dengan Pemerintah Jepang serta untuk memajukan budaya seni dan olahrga di kalangan anak didik. Mewakili pengurus Yayasan Citra Abdi Negoro, Amran juga menyampaikan agar yayasan ke depanya tetap berusaha untuk meningkatkan kualitas anak didik.

Acara dilanjutkan dengan penampilan tarian Kreasi Melayu, tarian Jepang “Tegami”, serta penampilan lagu dari murid peserta Japan Day dan diakhiri dengan pengumuman pemenang lomba dan pembagian hadiah. Pemerintah Jepang, melalui Konsulat Jenderal Jepang di Medan, melaksanakan Proyek Bantuan Hibah Grassroots di berbagai bidang dalam wilayah yuridiksi Konsulat Jenderal Jepang di Medan (Provinsi Aceh, Sumatera Utara, Sumatera Barat, Riau, Kepulauan Riau, dan Jambi). Dengan acara “Japan Day” ini diharapkan minat dari siswa Yayasan Pendidikan Citra Abdi Negoro terhadap Jepang meningkat,juga hubungan persahabatan Jepang dan Indonesia semakin erat. (SB/rel/wie)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.