Ratusan Massa Gema Gelar Aksi, Tolak Politisasi Rumah Ibadah

sentralberita|Medan~Ratusan massa dari Gerakan Masyarakat (Gema) Cinta NKRI melakukan aksi damai di depan Kantor Kementerian Agama Sumut, Jln Gatot Subroto, Medan, Jumat (22/2) pagi.

Sebelumnya, massa juga sudah menggelar aksi damai di depan kantor Bawaslu Sumut.

Massa membawa spanduk dan poster-poster yang berisi kecaman terhadap politisasi di rumah-rumah ibadah.

Dalam orasinya, Rudi Santuri selaku koordinator aksi menegaskan menolak politisasi rumah ibadah.

“Kami dari gerakan masyarakat cinta NKRI menolak adanya politisasi umat di seluruh rumah ibadah baik Mesjid, Gereja, Vihara, Kuil dan sebagainya,” tegas Rudi.

Massa Gema Cinta NKRI juga meminta kepada seluruh pejabat negara untuk netral dan menindak tegas para pelaku yang mempersulit isasi rumah ibadah.

“Mengutuk keras serta menolak setiap tokoh-tokoh agama baik ustadz/ustadzah, pendeta, bikhu dan tokoh-tokoh agama/politik yang menyebarkan ujaran kebencian serta provokasi umat di rumah-rumah ibadah,” ujar Rudi.

Selain itu, massa Gema Cinta NKRI mengatakan akan mengawal seluruh rumah ibadah baik Mesjid, Gereja, Vihara, Kuil dan sebagainya dikarenakan rumah ibadah sebagai benteng dalam menjaga kesatuan NKRI malah menjadi sumber perpecahan dan gesekan horizontal di tengah-tengah masyarakat.

“Meminta kepada Bawaslu Sumut untuk melakukan pengawasan terhadap rumah-rumah ibadah dan menindak tegas para penceramah/pengkotbah/BKM/Caleg yang mempolitisasi rumah ibadah,” ucap Rudi lagi.

Kemudian, selanjutnya, massa yang terdiri dari kaum ibu-ibu dan bapak-bapak ini juga meminta pada Kemenag Sumut mengeluarkan surat edaran kepada seluruh pengurus rumah ibadah untuk tidak menjadikan rumah ibadah sebagai lokasi kampanye politik.

“Meminta kepada Kemenag Sumut untuk bertindak tegas dan memecat pegawai honor baik itu guru/penyuluh agama serta mengeluarkan surat peringatan (SP) bagi ASN Kemenag yang terindikasi tidak netral,” tukas massa.

Pantauan wartawan, setelah beberapa saat melakukan orasi, tampak perwakilan massa Gema Cinta NKRI dipersilahkan masuk ke dalam Kantor Kemenag Sumut untuk secara langsung menyampaikan aspirasinya.

Terlihat juga petugas kepolisian mengawal aksi damai ini. Hingga akhirnya massa pun membubarkan diri secara teratur dan tertib. ( SB/FS )

Comments