KPU Sumut Targetkan 70 Persen, Pers Ujung Tombak Sosialisasinya

Sentralberita|Medan~Secara nasional telah menargetkan partispasi masyarakat pada Pemilu 2019 sebesar 77,5 persen, namun KPU Sumut sendiri menargetkan 70 persen.

“Kita yakin dan percaya target 70 persen untuk Sumatera Utara itu bisa dicapai,”ujar Syafrialsyah selaku Komisioner divisi Parmas KPU Sumut dalam Diskusi Pokja Wartawan Unit KPU Sumut di kamtor KPU Sumut, Jl. Perintis Kemerdekaan Medan, Rabu (13/02/2019)

Dengan tema Peran Serta Pers Dalam Meningkatkan Pemilih Pada Pemilu 2019 menghadir pembicara komisioner Mulia Banurea dan
Zulkifli Harahap selaku Ketua Mappilu PWI Sumut dengan dipandu Syafii Sitorus selaku ketua Koordinator wartawan unit KPU Sumut.

Syafrialsyah menjelaskan, 70 persen target KPU Sumut suahatu hal yang tidak muluk-muluk dikarenakan begitu sulitnya animo masyarakat Sumut untuk memilih, dirujuk dari pemilih pemilu tahun 2014 hanya berjumlah 73 % .

Maka KPU berharap kepada peilih pemula, kaum perempuan dan laki – laki agar mengunakan hak pilihnya dalam pemilu kali ini dan untuk pers itu sangat penting sebagai ujung tombak sosialisasi KPU dalam menambahkan animo masyarakat untuk berpartisipasi memilih.

Hal tersebut katanya, dijamin PKPU No.10 tahun 2018, bahwa media cetak dan elektronik sebagai bagian ikut serta terlibat mensosialisasikan tahapan-tahan yang dilakukan KPU.”Kami telah banyak melakukan sosialisasi, namun kami akui belum terpublikasi ke media massa”,ujar Syafrial.

Sementara Zulkifli Harahap selaku Ketua Mappilu PWI Sumut menyampai beberapa minggu yang lalu, Dewan Pers melakukan diskusi terkait minimnya publikasi khusus calon legislatif. sosialisasi kepada masyarakat melalui media pers

Terkait aturan-aturan PKPU yang terkesan membatasi ruang gerak pers sepertinya pengaturan kampanye di Media massa yang jadwalnya 23 Maret 2019 baru bisa, Mappilu Berharap kepada KPU Bersinergi terhadap pers terkait kebebasan pers dalam proses mempromosikan dan mensukseskan pemilu guna meningkatkan partisipasi pemilih.

Mulia Banurea selaku Komisioner bidang divisi SDM KPU Sumut menyampaikan suara telah terdistribusi Kepada KPU kabupaten/kota walau belum sepenuhnya dan masih dalam proses pendistribusian. (SB/Husni L)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.