Ratusan umat Hindu Meriahkan Arakan Kubah Kencana

Sentralberita|Kisaran~Dalam rangka memeriahkan peringatan Thaipusan Ratusan Umat Hindu melaksanakan pawai perarakan Kubah Kencana Sabtu (26/1/2019) malam.

Pawai perarakan Kubah Kencana yang dimulai dari Kuil Shee Kurungan mdi jalan Hamka Kisaran menuju jalan Conroaminoto,Imam Bonjol,Sutomo dan berakhir di jalan Hamka tersebut mendapat perhatian dari seluruh pengguna jalan.

Menurut Sugen,salah seorang panitia pelaksana,di hari yang sama juga diadakan beberapa kegiatan antara lain di pagi hari diadakan ritualah dikuil Shee Murugan Lalu sekitar pukul 13.00 Wib siang diadakan mandi di sungai dengan tujuan untuk mensucikan diri.

“Acara mensucikan diri kita laksanakan mandi disungai yang ada dijalan Panglima Polem Kisaran lalu setelah itu dilanjutkan ritual cucuku lidah “jelas Sugen.

Dalam kegiatan Thaipusam kali ini,menurut Sugen bukan hanya dihadiri umat Hindu yang di Asahan saja ,akan tetapi dihadiri juga umat Hindu yang berasal dari luar daerah.

Pelaksanaan ritual tahunan tersebut dilaksanakan oleh seluruh umat Hindu yang ada di seluruh Dunia,dan hanya dilaksanakan pada bulan Januari yang dimulai dari tanggal 1 hingga tanggal 26 Januari.”tanggal pelaksanaannya tidak boleh lewat dari tanggal 26 Januari.”ujar Sugen pula(SB/ZA)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.