Kembali Terjadi Longsor di Kawasan Danau Toba Sumut

sentralberita|Medan~Bencana alam juga dirasakan oleh warga masyarakat Sumatera Utara di penghujung tahun 2018 dan awal tahun 2019 .
Hal ini seperti terjadi di kawasan Danau Toba Provinsi Sumatera Utara, terpantau Jembatan penghubung antara Kota Pematangsiantar dengan objek wisata Parapat yang berada di pinggir Danau Toba Kabupaten Simalungun juga tertimpa materil longsor pada Kamis siang,sekitar pukul 12.05 wib.
Jembatan penghubung yang lebih dikenal dengan sebutan Jembatan Kembar atau jembatan si dua dua yang pernah longsor, menjelang akhir tahun 2018 ,ternyata pada hari Kamis 3 Januari 2019 juga mengalami nasib yang sama, tertimbun longsor tanah dari perbukitan di seberang Danau Toba Sumut.

Kepala Polsek Parapat Polres Simalungun Sumatera Utara, AKP Bambang Priyatno dalam pernyataannya kepada awak media menyatakan bahwa Jalan Lintas Sumatera ( Jalinsum ) yang menghubungkan antara Kota Pematangsiantar dan kabupaten Toba Samosir ( TOBASA ) yakni menyusuri Jalan Lintas kawasan Danau Toba di Kabupaten Simalungun putus dan tidak bisa dilalui pada hari Kamis.
Menurut Kapolsek Parapat ,kendaraan yang datang dari arah Toba Samosir diberikan jalur alternatif yakni dari Siborongborong menuju Dolok Sanggul.
Alternatif kedua,kenderaan dari Porsea melewati Pulo Raja di Kabupaten Asahan,dan tidak melintasi Parapat Danau Toba Sumut.

Sementara itu ,kenderaan yang datang dari arah Kota Pematangsiantar yang menuju ke Toba Samosir yang biasanya melintas di jalan lintas Parapat dialihkan melewati Simpang Palang keluar di kecamatan Girsang, namun ini hanya satu arah yakni dari arah Siantar menuju Toba Samosir,karena kondisi jalan yang sempit.
Hal ini dimaksudkan untuk menghindari terjadinya penumpukan kenderaan di kawasan Danau Toba,Simalungun,tandas Kapolsek Parapat,AJO Bambang Priyatno.

Sampai kamis petang,personil pihak kepolisian masih terus berjaga-jaga dan mengatur arus lalu lintas agar tidak terjebak dengan kemacetan panjang, terkait terjadinya longsor di jembatan kembar Parapat Sumatera Utara. ( SB/Diur )

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.