Catut Nama Pejabat Tipu Korban Rp 12 Juta

Ilustrasi

sentralberita|Jakarta~Dua orang pelaku yang berpura-pura sebagai anggota Polri bernama Ony Suryanto (34), dan Husniaty Noor (58)ditangkap di lokasi berbeda karena penipu korbannya.

“Kita telah berhasil melakukan penangkapan dan pengungkapan terhadap dua orang pelaku tindak pidana penipuan dan TPPU dengan modus operandi menelpon korban dengan berperan seolah-olah menjadi pejabat negara,” kata
Kanit I Resmob Polda Metro Jaya Kompol Malvino Sitohang, Minggu (6/1/2019).

Awalnya, kata Malvino, dalam aksinya pelaku mengubungi korban bernama Anjar Gunardi. Selanjutnya korban disuruh menghubungi Brigjen Syaiful Zahri. Pelaku memberikan nomor palsu Syaiful yang tak lain adalah komplotan.

“Kemudian korban menelpon orang yang mengaku sebagai Dirbinpotmas Koprbinmas Baharkam Polri ke nomor telpon yang diberikan oleh pelaku,” ujarnya.

Singkat cerita, korban langsung menghubungi nomor yang sudah diberikan oleh pelaku sebelumnya. Saat menghubungi, korban dimintai sejumlah uang.

“Selanjutnya pelaku meminta sejumlah uang dengan alasan untuk membayar tiket temannya, karena korban percaya kemudian korban mentransfer uang sejumlah Rp. 12.582.000,” katanya.

Dalam pemeriksaan, dua pelaku ini merupakan ibu dan anak. Lebih lanjut Malvino menegaskan, pihaknya menduga adanya pelaku lainnya.(SB/mc/01)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.