Harold Harianja, OFM Cap Puji Toleransi di Bumi Serambi Mekkah

sentralberita|Banda Aceh~Gereja Katolik Hati Kudus, Banda Aceh, Harold Harianja, OFM Cap memuji toleransi di bumi Serambi Mekkah. Selama ia bertugas di Aceh tidak pernah menemukan ada gesekan antar umat beragama. Justru bisa hidup berdampingan dan antar agama bisa saling menghargai.

Umat Kristiani di Serambi Mekkah pun berduyun-duyun menuju gereja melaksanakan Misa Natal, Senin (24/12). Mereka sedang bersuka cita merayakan Natal tahun 2018 di Gereja Katolik Hati Kudus, Banda Aceh.

“Masyarakat (Aceh) sangat toleran terhadap agama lain, tidak dipersoalkan agama dari mana, terutama saya rasa toleransi ada di Aceh ini,” kata Harold Harianja, OFM Cap.

Harold Harianja, OFM Cap mengaku, saat bertugas di Aceh mendapatkan kesan khusus. Menyambut Natal di Aceh tanpa ada gesekan apapun. Malah dia merasakan Natal di Aceh berjalan damai tanpa ada gangguan apapun.

“Kami sebagai umat Katolik, sama sekali tidak pernah terganggu, terusik saat kami beribadah,” tukasnya.

Harold Harianja, OFM Cap dalam ceramahnya depan jamaat menyampaikan pesan perdamaian. Terutama menjelang perhelatan Pemilihan Presiden (Pilpres) dan Pemilihan Legislatif (Pileg), agar selalu menjaga perdamaian dan kesatuan dan persatuan bangsa Indonesia.

“Jelang pilpres, sepertinya ada perasaan dihadapkan pada satu ketegangan. Tanggung jawab kita adalah menjaga perdamaian, umat Katolik jangan masuk dalam kelompok seperti ini (yang tidak jaga perdamaian). Tapi sungguh harus membawa damai, ini yang kami tekankan kepada umat kami, agar mencintai damai,” jelasnya.(SB/01/mc)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.