Warga Binaan Pemasyarakatan Lapas Pakam Jual Pot Bunga Karya Sendiri

sentralberita|Medan~ Lapas Lubukpakam ternyata memiliki Warga Binaan Pemasyarakatan (WBP) yang kreatif. Kenapa tidak, mereka bisa membuat pot bunga dan menjualnya kepada keluarga WBP yang sedang berkunjung dan tidak menutup kemungkinan pot bunga ini akan dijual kepada masyarakat umum.

Kalapas Pakam Prayer Manik mengatakan pihaknya tidak membatasi kreatifitas dari para WBP di lapas yang ia pimpin. “Kita memberi kebebasan mereka mau membuat apa yang penting masih positif,”katanya, Kamis (11/10/2018).

Para WBP, kata Prayer, cukup memberitahukan ke dirinya atau kepetugas lapas Pakam apabila mempunyai ide kreatif yang nantinya akan menjadi usaha mereka saat sudah bergabung dengan masyarakat banyak.

“Selain pot bunga, sudah banyak ide kreatif WBP yang kita dukung, seperti menjahit dan buka bengkel,”ujarnya.

Prayer menjelaskan dirinya membebaskan para WBP untuk menyalurkan hobi yang positif. Karena, selain mempunyai ide kreatif para WBP juga yang memiliki hobi nge-jam akan disupport. “Kita sudah punya alat musik sendiri yang biasanya digunakan para WBP yang doyan nge-band. Jadi kita berikan mereka waktu dan tempat untuk menyalurkan hobi mereka,”katanya.

Untuk pot bunga, sambungnya, pihak WBP menjualnya dengan harga Rp25 Ribu di mana harga tersebut lebih murah Rp 5 Ribu dari harga biasa. “Uangnya nanti akan diberi kepada WBP setelah dikurangi harga modal untuk pembuatan pot bunga di sini,”katanya.

Prayer mengatakan dirinya sangat senang melihat WBP yang mempunyai ide kreatif atau hobi yang bisa membuat mereka tidak bosan menjalani aktivitas selama berada di sini. “Ini merupakan tempat terbatas. Kalau mereka tidak dididik di sini, takutnya setelah mereka bergabung kembali ke masyarakat, mereka tidak tahu mau berbuat apa. Maka dari itu, kita support ide-ide kreatif mereka,”jelasnya. (SB/Husni Lubis)

2 thoughts on “Warga Binaan Pemasyarakatan Lapas Pakam Jual Pot Bunga Karya Sendiri

  • November 27, 2023 pada 2:40 am
    Permalink

    72231 464546Spot ill carry on with this write-up, I truly think this internet site requirements a fantastic deal much more consideration. Ill oftimes be once much more to see far a lot more, several thanks that information. 967439

  • Februari 19, 2024 pada 6:06 pm
    Permalink

    46451 416944Extremely interesting topic , appreciate it for putting up. 835500

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *