Dukungan NU ke Jokowi-Ma’ruf Amin Meingkat 8 Persen

sentralberita|Jakarta~Menurut peniliti LSI Ardian Sopa, dukungan NU kepada Jokowi-Maruf Amin adalah 54,7 persen pada Agustus 2018. Lalu pada September atau setelah Ijtima Ulama 2, dukungan meningkat 0,8 persen.

Ternyata dukungan NU terhadap pasangan Prabowo-Sandi menurun. Dan kali ini base NU lebih besar dibanding PA 212. Base NU 43,9 persen. Kebanyakan mendukung pasangan Jokowi-Ma’ruf Amin.

“Setelah Ijtima Ulama 2 yaitu September dukungan warga NU kepada pasangan ini meningkat 0,8 persen atau menjadi 55,5 persen.” kata Ardian.

Sedangkan dukungan terhadap Prabowo-Sandiaga mengalami penurunan usai Ijtima Ulama 2. Pada Agustus 2018 dukungan warga NU kepada Prabowo-Sandi adalah 27 persen, namun pada bulan September atau setelah Ijtima Ulama 2 dukungan NU kepada mereka menjadi 26,1 persen, kata Ardian.

Survei yang dilakukan memotret banyak hal, di antaranya tentang pengaruh ijtima ulama 2 dan naiknya dolar terhadap elektabilitas capres dan cawapres, Jokowi-Ma’ruf dan Prabowo-Sandiaga.

Survei menggunakan metode multistage random sampling. Jumlah responden 1.200 orang dengan wawancara tatap muka dan kuesioner dengan margin of error 2,9 persen. Pengumpulan data dilakukan pada 14 – 22 September 2018. Berikut hasil lengkap survei LSI Denny JA. (SB/mc/01)

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.