LBH IPK Kota Medan Siap Advokasi Rakyat Kecil & Kader

Sentralberita| Medan~Lembaga Bantuan Hukum (LBH) Ikatan Pemuda Karya (IPK) Kota Medan bertekad akan memberi pendampingan atau bantuan hukum terhadap warga Kota Medan yang menjadi korban ketimpangan penegakan hukum, terlebih bagi kader IPK.

Penegasan itu disampaikan Direktur LBH Kota Medan, R Romy A Tampubolon SH usai dikukuhkan, Sabtu (31/3).

“Dengan resminya LBH ini, maka kami siap memberi bantuan hukum terhadap para kader dan warga Kota Medan,” tegasnya.

Pada pelantikan yang dihelat di Convention Hall, Hotel Danau Toba, Jalan Imam Bonjol, Medan itu, Romy juga secara tegas mengimbau kepada seluruh kader IPK untuk bisa memanfaatkan sosial media (sosmed) dengan bijak. “Kita menolak berita hoaks. Bijaklah dalam bermedia sosial. Jangan melakukan ujaran kebencian dan sebagainya,” pesannya.

Untuk itu, sambung Romy, LBH IPK Medan dalam waktu dekat akan memberikan sosialisasi tentang Undang-Undang (UU) Informasi dan Transaksi Elektronik (ITE) kepada para kader dan warga Kota Medan pada umumnya.

“Kita akan melakukan itu (sosialisasi) agar para kader dan masyarakat bisa paham tentang UU ITE dan bijak bermedia sosial. Bagi kader, khususnya pengurus dan anggota LBH IPK Kota Medan yang dengan sengaja menyebarkan berita hoaks, maka akan kita beri sanksi tegas,” tandasnya.

Di kesempatan yang sama, Ketua Dewan Pimpinan Daerah (DPD) IPK Kota Medan, Ir Tomas Purba berpesan kepada segenap pengurus dan anggota LBH IPK Kota Medan untuk bisa memberi kontribusi kepada masyarakat. “Kita meminta agar ke depannya, LBH IPK Kota Medan yang baru dilantik ini busa berkontribusi terhadap masyarakat yang lemah, dan lebih mengedepankan kepentingan organisasi,” pesannya.

“Banyak persoalan yang langsung ke organisasi atau pribadi belum terselesaikan, agar persoalan-persoalan itu bisa diluruskan,” imbuhnya.

Sementara itu, Walikota Medan, Dzulmi Eldin dalam sambutan tertulisnya yang dibacakan Kepala Badan Kesatuan Kebangsaan, Politik dan Perlindungan Masyarakat (Kesbangpolinmas), Ceko Wakhda Ritonga berpesan, keberadaan LBH IPK Kota Medan diharapkan bukan hanya untuk internal IPK, tapi juga untuk membela masyarakat Kota Medan yang membutuhkan perlindungan dan bantuan hukum.

“LBH IPK bukan hanya untuk internal, tapi juga untuk masyarakat. Keberadaan LBH ini, akan mampu mempertajam peran DPD IPK Kota Medan ke depannya. Keberadaan pemuda memang sejatinya sebagai sosial kontrol,” pesannya.

Adapun pengurus dan anggota LBH IPK Kota Medan yang dilantik, antara lain Direktur R Romy A Tampubolon SH, Sekretaris Anggun Rizal Pribadi SH, Bendahara Sam Tobing SH, Ketua Panpel Rudolph Naibaho, Sekretaris Panpel Jeffrin NK Zai SH, Kadiv Litigasi Harlianda Syahputra SH, MH, Kadiv Operasional Kristian Eka Gea SH, MH, Kadiv Advokasi Ramli Tambunan SH, Wakil Direktur Eduard Purba SH, Wakil Direktur Viktor Aritonang SH, Wakil Direktur Polren Sihotang SH, Wakil Sekretaris Hendra Waka SH, Wakil Sekretaris Budiman Siahaan SH, Wakil Bendahara Tandi Teguh, Wakil Bendahara Kevin Kristanto, Wakil Bendahara Eka Wangsa Wijaya SH, Advokasi Oloan Butar Butar SH, Advokasi Putra Limbong SH, Anggota Operasional Firman Junius Ginting SH, Zulfadli Siregar, Anggota Litigasi Ramses Sitorus SH, Ari Sisworo, Zulham Effendi. (SB/ril)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.