Ribuan Warga Pra Sejahtera Berbondong Dapat Angpao HUT Dewa Toa Pek Kong

Sentralberita| Medan~Ribuan warga pra sejahtera berbondong bondong mengantri untuk mendapatkan angpao saat perayaan ulang tahun Dewa Toa Pek Kong. Selain bakti sosial  para umat Tionghua aliran tao juga melaksanakan sembahyang di kelenteng/ dengan tujuan mendapatkan berkah dari Yang Maha Kuasa.

Beginilah suasana saat pelaksanaan bakti sosial atau pembagian angpao pada perayaan ulang tahun Dewa Toa Pek Kong yang dilaksanakan di Jalan Ar Hakim kecamatan Medan Area. Ribuan masyarakat dari segala etnis rela mengantri demi mendapatkan angpao yang dibagikan panitia.  Selain angpao/,panitia juga memberikan bingkisan berupa nasi kotak.

Sekitar 1500 lebih angpao yang disediakan panitia habis terbagi  untuk keamanan dan ketertiban warga,  pihak kelenteng meminta bantuan dari pihak kepolisian dan TNIi untuk menjaga ketertiban dan keamanan saat pelaksanaan pembagian angpao.

Dewa Toa Pek Kong merupakan dewa yang dipercayai mengatur keuangan dan kemakmuran rakyat pada zaman dahulu  di negaraTtiongkok Dewa Tok Pek Kong dipercayai juga sebgai membantu memberikan kesuburan atas hasil panen dan palawija yang ditanan mereka.  Maka atas itu seluruh umat di Tiongkok mengucapkan rasa syukur mereka dengan memberikan sedekah kepada warga sekitar, sehingga rezeki yang mereka peroleh nantinya dapat berlipat ganda.

Perayaan ini  diawali dengan memasang lilin dan dupa serta menyajikan berbagai persembahan diantaranya buah dan makanan, kemudian mengundang dewa untuk masuk melalui badan biksu atau tangki,  setelah masuk kedalam tubuh tangki atak, banyak umat yang melakukan tanya jawab dan memintaa penerangan agar usaha bisa lebih lancar, meminta keselamatan dan kesehatan.

Salah seorang warga yang menerima angpao,  Rosmani mengucapkan terima kasih karena telah kebagian rezeki dan diharapkan segala niat baik para panitia dibalas dengan dilimpahkan rezeki yang lebih dari tuhan yang mahas kuasa.

Sementara itu,  pemilik kelenteng,  Budiman Wijaya mengatakan,  perayaan ulang tahun Dewa Toa Pek Kong ini diisi dengan bakti sosail dengan pembagian angpao kepada warga sekitar, sebanyak 1500 angpao dibagikan kepada masyarakat,  karena Dewa tok Pek Kong dipercayai yang mengatur keuangan dan dengan kegiatan ini diharapkan dapat memberikan kelancaran rezeki dan usaha.

Kegiatan perayaan ulang tahun Dewa Tao Pek Kong ini menjadi agenda rutin setiap tahunnya dan kegiatan tersebut dihadiri sejumlah pengurus dan pengusaha suku Tionghoa dari Jakarta dan Medan. (SB/AR)

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.