Ribuan Umat Hindu Thamil Ramaikan Taipusem di Medan

Pelaksanaan ritual mengarak Dewa Murga dengan kereta kencana (foto/SB/AR)

Sentralberita|Medan~Ribuan umat Hindu Thamil di Medan melaksanakan ritual mengarak Dewa Murga dengan kereta kencana. Ritual tersebut dianggap sakral bagi umat hindu Thamil di seluruh dunia. Kegiatan  Taipusem atau perayaan kemenangan dari peperangan antara Dewa Murga dengan Asyura, Selasa (30/1/2018) malam.

Ritual mengarak Dewa Murga diangkut dengan kereta kencana. Ritual ini dirayakan setiap tahunnya. Dewa Murga juga dianggap dewa penyelamatan dari keburukan.

Berawal dari kuil Tenda Yugebani Jalan Kejaksaan Medan, ribuan umat Hindu Thamil di Medan mengarak kereta kencana yang didalamnya terdapat dewa murga.

Ribuan umat Hondu Thamil ramaikan Taipusem di Medan (foto-SB/AR)

Bukan hanya itu, sepasang patung yang terbuat dari karton berukuran besar dengan mengenakan pakaian adat India juga diarak oleh sejumlah umat Hindu Tamil. Kemeriahan tersebut  diramaikan dengan sejumlah pemuda Tamil memainkan alat musik tradisional sambil mengiringi arak arakan tersebut.

Ritual tersebut dirayakan umat Hindu Thamil atas kemenangan dalam peperangan Dewa Murga dengan Asyurra yang dianggap membangkang dan merasa sakti.  Atas kemenangan ini, sejumlah umat Thamil mempercayai bahwasanya Dewa Murga adalah dewa pemberi kebebasan dan kedamaian serta penyelamat bagi manusia.

Walikota Medan Dzulmi Eldin mengatakan, dengan merayakan perayaan Taipusem membuktikan bahwa rasa kebersamaan antar umat beragama terjalin dengan baik dan hal tersebut sangat didukung oleh pemerintah serta nantinya akan dikembangkan menjadi perayaan umat Hindu dengan adanya dukungan dari pemerintah kota Medan.

Sementara itu Salini salah seorang wanita Tamil mengatakan, kegiatan Taipusem ini adalah mengenang hari dewa murgen yang dianggap dewa penolong bagi umat hindu Tamil,  dan diharapkan dengan kegiatan itu kedepannya  dapat lebih meriah lagi tanpa harus pergi keluar negeri untuk menyaksikan perayaan Taipusem tersebut.

Sejumlah umat Hindu Thamil lainnya menyambut para pengarak kereta kencana dengan menari dan pemasangan kembang api.  Kegiatan ritual tersebut menjadi semakin meriah. (SB/AR)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.