168 Atlet Bersaing, Jhon Ismadi: Sumut Barometer Wushu Indonesia

Pembukaan kejuaraan wushu sanda

Sentralberita| Medan~Sebanyak 168 atlet senior dan junior dari beberapa Kabupaten/Kota di Sumatera Utara bersaing menjadi yang terbaik di Kejuaraan Daerah (Kejurda) Wushu Sanda memperebutkan Centre Poin Cup 2018 yang berlangsung 12-14 Januari 2018 di Atrium Mall Centre Poin.

Ketua Pengprov Wushu Indonesia (WI) Sumatera Utara, Darsen Song mengatakan, ke-168 atlet tersebut berasal dari sembilan daerah yakni Medan, Pematangsiantar, Karo, Simalungun, Humbang Hasundutan, Samosir, Tapanuli Utara, Asahan dan Toba Samosir.

Nomor pertandingan dibagi menjadi tiga kategori umur dan kelas berat badan dengan total 31 nomor pertandingan, yakni umur pra-junior 12-14 tahun, junior 15-17 tahun dan senior 18-35 tahun.

“Ini adalah yang pertama Kejurda digelar di mall. Ini juga bagian dari upaya kami untuk lebih mengenalkan wushu kepada masyarakat khususnya kalangan muda,” kata Darsen, Jumat (12/1/2017).

Sementara Ketua KONI Sumut, Jhon Ismadi Lubis, yang turut hadir dalam kesempatan itu mengatakan, wushu adalah satu-satu cabang olahraga yang berani menggelar Kejurda di awal tahun. Dan lebih prestisiusnya lagi kejuaraan ini digelar di mall yang sekaligus dijadikan sebagai ajang seleksi menghadapi Pelatnas.

“Wushu bagi Sumut sudah menjadi andalan dalam mendulang medali seperti di PON. Bahkan banyak atlet wushu Sumut yang berprestasi di SEA Games dan Asian Games yang tentunya menjadi bukti bahwa Sumut menjadi barometer wushu di Indonesia,” ujar Jhon.

Lebih lanjut ia mengatakan, Kejurda ini juga bisa menjadi langkah awal persiapan untuk para atlet menghadapi PON Papua 2020. Bahkan menurutnya, mengukir prestasi tidak bisa dicapai dengan serta-merta melainkan melalui kerja keras dan waktu yang panjang.(SB/01)

Comments