Kota Medan Bersiap-Siap Sambut Ngunduh Mantu, 600 Personel Disiagakan Mengamankan Prosesi Adat

Sentralberita| Medan~ Kota Medan bersiap-siap menyambut acara besar lanjutan yaitu Ngunduh Mantu pada 24-26 November 2017 setelah pesta pernikahan Kahiyang Ayu dan Bobby Afif Nasution di Solo.

Untuk keamanan, Polrestabes Medan menyiagakan sekitar 600 personel. Mereka akan mengamankan prosesi adat yang akan berlangsung di rumah Bobby di Bukit Hijau Regency, Kompleks Taman Setiabudi, Medan.

Wakapolrestabes Medan AKBP Tatan Dirsan Atmaja mengatakan, persiapan pengamanan terus diintensifkan dalam rapat lintas instansi.

“Personel Polrestabes Medan akan bergabung dengan petugas pengamanan dari unsur lain seperti TNI. Kami selalu diundang dalam rakor pengamanan. Sampai saat ini masih menyusun rencana pelibatan kekuatan, koordinasi kami di bawah Polda Sumut,” ujar Tatan, Kamis (9/11/2017).

Di hari H, lanjutnya, polisi akan bersiaga di sekitar lokasi pesta dan membantu pengamanan di titik-titik lintasan Presiden dan rombongan selama acara berlangsung.

“Akan ditempatkan personel di jalur perlintasan, mulai lokasi kedatangan sampai perjalanan di jalan raya. Bisa saja kita melakukan rekayasa lalu lintas untuk kelancaran,” jelasnya.

Tatan mengungkapkan, jajaran Polda Sumut saat ini sudah mulai melakukan berbagai kegiatan peningkatan keamanan Kota Medan jelang kedatangan Presiden. Di antaranya cipta kondisi untuk memberikan keamanan bagi masyarakat.

Gubernur Sumatera Utara Erry Nuradi usai menghadiri resepsi pernikahan Kahiyang-Bobby di Graha Saba Buwana Solo, Rabu (8/11/2017) mengatakan, hajatan serupa akan berlangsung di Kota Medan. Dia mengharapkan semuanya bisa berjalan lancar dan sukses.

“Atas nama masyarakat Sumut kami ucapkan selamat berbahagia kepada kedua mempelai dan keluarga besarnya,” ucapnya.

Pak Zul, warga Jalan Setiabudi Medan saat dimintai komentarnya terkait akan berlangsungnya pesta anak Presiden di dekat tempat tinggalnya mengaku senang.

Namun ia meminta jangan mengganggu kepentingan umum, apalagi sampai membuat repot masyarakat. Misalnya dengan menutup jalan atau pengamanan super ketat yang malah menyulitkan masyarakat.

“Bayangin, pestanya tiga hari. Kayak mana itu pengamanannya, lalu lintas di sekitar lokasi pesta. Jangan sampai selama tiga hari ditutup jalan dan kami harus putar sana-sini. Udah macet, makin macetlah jadinya. Intinya jangan merepotkan masyarakatlah,” katanya.

Seperti diberitakan, pihak keluarga menyatakan persiapan Ngunduh Mantu sudah rampung 90 persen. Bobby merupakan putra dari pasangan Almarhum Erwin Nasution, mantan Dirut PTPN IV dan Ade Hanifah Siregar. Erwin meninggal dunia pada 18 Januari 2017.(SB/kom)