TNI-Polri Diingatkan Jaga Netralitas pada Pilgubsu

Sentralberita| Medan~ Kapoldasu, Irjen Pol Paulus Waterpauw dalam amanatnya ketika menjadi pimpinan upacara apel bersama mengingatkan agar TNI-Polri dapat menjaga netralitas baik dalam Pilkada maupun Pilgubsu.

“Dalam pemilukada tugas TNI Polri itu hanyalah mengamankan dan memperlancar semua proses dan tahapan pemilihan. Oleh karenanya, TNI Polri harus netral dan tidak boleh berpihak, meskipun saudara sekalipun,” kata Kapoldasu, Selasa (17/10/2017) di Markas Kodam I/BB.

Bahkan menurut Kapoldasu, prajurit tidak boleh menunjukkan sikap yang tidak netral, begitu juga dengan menggerakkan tubuh sekalipun, itu juga tidak dibenarkan kalau tidak netral.

“Prajurit jangan banyak bersikap yang tidak netral. Sebab, menggerakkan tubuh sekalipun itu tidak boleh kalau tidak netral,” tegas Kapolda.

Hal senada juga diungkapkan Pangdam I/BB, Cucu Sumantri yang menyebutkan bahwa netralitas dalam pemilukada merupakan harga mati.” Netralitas adalah harga mati. Sebab, salah satu keberhasilan demokrasi kita adalah ketika TNI Polri netral dalam melaksanakan tugasnya dengan benar,” kata Pangdam.

Dalam kesempatan itu, Pangdam juga mengimbau agar semua instansi dapat saling bersinergi sehingga dapat melakukan pengamanan di lapangan dalam Pemilukada dengan menunjukkan soliditas antara TNI-Polri, pemerintah dan tokoh masyarakat.

“Dengan begitu maka kita tidak jalan masing-masing, tapi kita berkomitmen untuk bersinergi. Selagi kita diberikan amanah untuk melakukan hal ini marilah kita jalankan amanah dengan maksimal,” kata Pangdam. (SB/husni l)

2 thoughts on “TNI-Polri Diingatkan Jaga Netralitas pada Pilgubsu

  • Januari 19, 2024 pada 8:03 am
    Permalink

    529923 248200I dugg some of you post as I thought they were very beneficial invaluable 572735

  • Februari 10, 2024 pada 6:43 pm
    Permalink

    728930 342329Id need to check with you here. Which is not something I normally do! I enjoy reading a post that will make men and women believe. Also, thanks for allowing me to comment! 135200

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *