PSGPA Seminarkan Membangun Remaja Berkarakter

Sentralberita| Medan~ PSGPA ( Pusat Studi Gender dan Perlindungan Anak Universitas Negeri Medan) PSGPA – Unimed mengadakan Seminar Hari Anak dengan thema “ Membangun Remaja Berkarakter ”,Sabtu ( 5/8 ) yang disampaikan oleh Dirlantas Polda Sumut, BNN dan Unimed di Gedung Digital Library kampus Unimed Medan.

Penyeleggaraan Hari Anak ini merupakan terobosan dalam usaha untuk meningkatkan kepedulian dan kesadaran masyarakat dan kesadaran anak terhadap hak mereka yaitu hak untuk mendapatkan pendidikan, kesehatan gizi, pengasuhan dan perlindungan anak Indonesia ,” kata Ketua Pelaksana Dr Rachmat Mulyana, Msi.

Menurut Dr Rachmat, festival diikuti oleh siswa dan sisiwi dari tingkat SMA, SMK dan MA sekota Medan. “ Lomba ini bertujuan untuk menjaring kemampuan dan potensi yang dimiliki anak di bidang kesenian dan kemampuan intelektual dengan mengadakan perlombaan music dari barang bekas, lomba menggambar, mewarnai, lomba cerita pendek membuat blog serta pelaksanaan bakti sosial dengan menyerahkan seribu buku yang disumbangkan ke panti sosial. “
Menurut Dr Rachmat, Visi PSGPA – Unimed sendiri yakni menjadikan Unimed sebaga institusi terdepan dalam penelitian dan pengkajian masalah pemberdayaan perempuan dan perlindungan anak berwawasan kesetaraan dan keadilan gender di Sumatera Utara,” jelas Dr Rachmat.

Sementara itu pembicara lainnya dalam seminar disampaikan oleh Dirlantas Polda Sumatera Utara, Kombes Pol. Drs. R. Heru Prakoso, SH mengatakan dirinya sudah berkali-kali mengadakan rapat dengan Dinas Pendidikan Provinsi agar di sekolah-sekolah ada penambahan Kurikukum Pendidikan Berlalu Lintas buat para siswa-siswi.

“ Seharusnya kita sudah mau mencoba tahun ini pada semester baru ini. Tapi, sayangnya masih terkendala di dinas Pendidikan karena masih belum siap untuk memperbanyak modul-modulnya. In Shaa Allah dengan berjalannya waktu untuk semester ini dulu kita coba sementara di beberapa SMA. Akan dicoba juga di tingkat Kabupaten Kota agar meniru program ini,” kata Heru.

Kendala lain, kata Heru, pada staf pengajarnya. “ Pengajar-pengajarnya itu nanti dari kepolisian dengan bekerja sama dengan guru PPKN. Kita harapkan untuk jangka panjangnya Anak Indonesia jadi Pelopor Perubahan dalam berlalu Lintas di Jalan Raya,” aku Heru lagi.

Menurut Heru, sampai sekarang ini slogan Medan Top belum berjalan sebagaimana mestinya. “ Saya punya program tertib berlalu lintas. Namun program ini belum berjalan secara signifikan. Jadi saya harapkan kita bisa membangun untuk jadi pelopor tertib berlalu lintas yang benar itu adalah mental dari setiap pengguna kendaraan di jalan raya,” jelas Heru lagi.

Acara Seminar Hari Anak seKota Medan PSGPA – Unimed itu dihadiri oleh Dirlantas Polda Sumut Kombes Pol. Drs. R. Heru Prakoso, SH, Kombes Pol . Bambang Setiawan dari BNN, dari Unimed, Prof. Dr. Sri Milfayetty, Ms.Kons., S.Psi, Wakiln Rektor I Unimed Prof. Dr. Abdul Hamid K,M.PD, Keyua Pelaksana Seminar Dr Rachmat Mulyana, M.Si dan Ketua PSGPA _ Unimed Dr Esi Emilia.( SB/ Debbi Safinaz )

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.