Warga Sicanang Akui Belum Pernah Ikuti Penyuluhan Pertanian Organik Kecuali dari TMMD

Sentralberita| Medan~ warga kampung Sentosa Barat lingkungan 20 Sicanang Belawan mengungkapkan selama ini belum pernah mengetahui penyuluhan dan pelajaran tentang pertanian organik, baru mereka terima karena adanya TMMD ke-99.

“Kita belum pernah dapat penyuluhan seperti ini, petani di sini sangat mendapat manfaatnya,” kata Syahdan yang mengikutipenyuluhan sasaran non fisik yang diselenggarakan Kodim o201/BS dalam program TMMD, Rabu (12/7/2017).

Syahdan beserta masyarakat lainnya juga langsung melakukan praktik pertanian organik di lokasi penyuluhan.

“Nantinya kita akan coba di skala rumah tangga dulu, dimana kami bisa menanam pertanian di pekarangan rumah seperti cabai dan tanaman pot lainnya. Di sini kan rawa dan tidak bisa menanam lahan banyak jadi kami akan fungsikan pekarangan rumah tangga, ” paparnya.

Koordinator TMMD ke-99 sasaran non fisik, Kapten K Sidabutar memberikan penyuluhan tentang perikanan dan pertanian.

“Kita saat ini memberikan penyuluhan terhadap masyarakat tentang pertanian organik, praktik pembuatan ramuan organik tanah, dan praktik pembuatan ramuan hama,” terangnya

Lanjutnya, tanaman organik maupun bahan ramuan hama tidak menggunakan bahan-bahan kimia melainkan menggunakan bahan-bahan yang ada di rumah tangga seperti sayur-sayuran dan buah-buahan.

“Kita mengajak masyarakat di sini untuk dapat memanfaatkan fasilitas yang ada di rumah tangga untuk pertanian organik sehingga tidak merepotkan dan mengeluarkan biaya banyak bagi masyarakat. Semoga penyuluhan ini dapat bermanfaat bagi masyarakat Sicanang,” harapnya.(SB/husni l

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.