Menabung 7 tahun, Akhirnya Gagal Berangkat Naik Haji

Sentralberita| Sumba`~Ramli Bakar yang gagal berangkat menunaikan ibadah haji karena masalah kesehatan. Meski begitu, Nasrul menghargai usaha keras Ramli untuk menabung hingga tujuh tahun agar bisa berangkat ke tanah suci.

Namun hal itu tidak bisa menjadi alasan untuk diberangkatkan karena kondisi kesehatannya yang tidak memungkinkan.

Calon haji Ramli Bakar mengalami gagal ginjal sehingga harus rutin melakukan cuci darah. Dokter menyatakan, jika ia berangkat akan dapat membahayakan dirinya.

Petugas kesehatan di embarkasi juga tidak ingin melanggar aturan yang telah dibuat oleh Menteri Kesehatan. “Kalau dibiarkan tetap berangkat dan terjadi sesuatu yang fatal di tanah suci, maka yang akan terkena sanksi nantinya adalah petugas kesehatan,”ujar petugas haji, Jumat.

Wagub sendiri mengaku tidak mengetahui kenapa calon haji tersebut dapat lolos saat uji kesehatan awal. Namun, dari info yang didapatkan sebelum melakukan tes kesehatan, ia melakukan cuci darah terlebih dahulu sehingga penyakitnya tidak terdeteksi.

“Kita berharap para calon haji dapat menjaga kesehatan, selain menabung untuk biaya keberangkatan, para calon haji juga harus menjaga kesehatan agar tidak terkendala seperti itu,” jelasnya.(SB/rol)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.