Ketua MPR: Mencari Politisi Perempuan Berkualitas Sangat Sulit

Sentralberita| jakarta~ Dalam pertemuan dengan Kaukus Perempuan Politik Indonesia (KPPI) di Gedung DPR MPR, Jakarta, pada Kamis (6/7/2017) siang, ketua MPR Hasan terungkap, upaya meningkatkan keterwakilan perempuan dalam politik menjadi usaha bersama antara masyarakat sipil dan pihak penyusun dan penentu kebijakan.

Zulkifli mengungkapkan, mengakui bahwa mencari politisi perempuan berkualitas sangat sulit.”Kan kadang mereka juga takut mau terjun ke politik eh disuruh bayar, ada mahar politiknya. Jadi seolah olah timbul kesan jadi pemimpin itu butuh uang banyak. Padahal seharusnya tidak,” ungkapnya.

Di sisi lain Zulkifli juga mengingatkan para politisi perempuan untuk menghindari upaya KKN.

Pria yang pernah menjabat sebagai menteri kehutanan itu menganggap perempuan memiliki kemampuan dan daya pengaruh yang luar biasa untuk menggerakkan perempuan melek politik.

“Contoh saja di PAN, kita mengalokasikan porsi 40 persen dalam keterwakilan perempuan di daerah pemilihan. Dari PAN sudah banyak politisi perempuan berintegritas yang jadi bupati, walikota,” katanya.

Oleh karena itu, Zulkifli menganggap aspirasi dari KPPI tentang keterwakilan perempuan sebesar 30 persen di urutan nomor 1 dari total seluruh daerah pemilihan (dapil) menjadi bentuk perjuangan bersama yang perlu diwujudkan menjelang pemilu serentak.(SB/kom)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.