FPPP Dukung Pembentukan Pansus PAD

Sentralberita| Medan~ Fraksi Partai Persatuan Pembangunan (FPPP) DPRD baik secara individu kedewanan maupun fraksi mendukung pembentukan Pansus Pendapatan Asli Daerah (PAD)
“Kita support. Kita (FPPP, red) sudah sangat kuat mendukung pembentukannya. Bahkan, kita akan membubuhkan tanda tangan agar Pansus segera terbentuk,” kata Sekretaris FPPP DPRD Kota Medan, Irsal Fikri, kepada wartawan di DPRD Kota Medan, Rabu (26/7/2017).

Irsal menilai, masih banyak potensi PAD Kota Medan yang belum digarap dengan maksimal, diantaranya dari retribusi parkir, pajak restoran, Pajak Bumi Bangunan (PBB) dan lainnya. “Kalau digali secara maksimal, PAD Kota Medan bisa meningkat 20% dari total target 2017 sebesar Rp1,33 triliun,” kataIrsal memprediksi.

Tujuan dibentuknya Pansus PAD , sebut Irsal, bukan untuk “menelanjangi” pihak eksekutif, melainkan untuk menggali berbagai potensi PAD yang bisa didapat oleh Pemko Medan.

“Kita melihat masih banyak kebocoran PAD. Medan inikan rumah kita, bagaimana kita mau membangun rumah kalau tidak punya uang. Makanya, sumber-sumber uang (pendapatan) itu harus digali, baru rumah kita ini bisa bagus,” katanya.

Menurut Irsal, pihak eksekutif jangan menilai “negatif” terhadap pembentukan Pansus ini. Sebab, katanya, semua pihak mau Medan ini bagus dan baik. “Jadi, kalau kita mau bagus dan baik, ayo mari sama-sama kita benahi. Jangan dianggap Pansus ini untuk “mengkuliti,” katanya.

Inisiator pembentukan Pansus Peningkatan PAD, Ilhamsyah, mengungkapkan kendati potensi PAD besar, namun tidak sejalan dengan target PAD yang tidak terlalu signifikan. Menurutnya, peningkatan PAD Kota Medan dari tahun ketahunnya hanya dikisaran Rp 1triliunan. Seperti PAD Kota Medan tahun 2016 hanya mencapai Rp1,22 triliun sedangkan di tahun 2017 hanya Rp 1,33 triliun.

Minimnya perolehan PAD Kota Medan itu sangat disayangkan oleh sejumlah anggota DPRD Kota Medan.

“Dari capaian PAD Kota Medan dari tahun ke tahunnya tidak mengalami perubahan yang signifikan bahkan dinilai stagnan. Untuk itulah kami memandang perlu adanya pembentukan Pansus peningkatan PAD itu,” ungkapnya. (SB/husni)

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.