Calhaj Kloter 1 Dilepas Kebarangkatannya ke Tanah Suci

Sentralberita| Medan~Gubernur Sumut Ir H Tengku Erry Nuradi MSi melepas keberangkatan Calon Jemaah Haji (Calhaj) Kelompok Terbang (Kloter) 01 Embarkasi Medan Tahun 1438/2017 M di Asrama Haji Medan Jumat (28/07/2017).
“Saya ucapkan selamat jalan para jemaah dan petugas haji yang mendampingi. Kami titip, doakan agar Sumut dan Kota Medan agar tetap dalam suasana kondusif,  aman dan damai. Kita bisa hidup berdampingan dengan berbagai suku dan agama yang kondusif,”ujarnya.
Lebih lanjut dikatakan Erry, dengan kedatangan Raja Salman ke Indonesia beberapa waktu lalu maka quota haji untuk Sumut dan Indonesia sudah kembali normal dan malah meningkat. Jika tahun lalu quota calhaj Embarkasi Medan sekitar enam ribuan, tahun ini mencapai delapan ribuan.
“Quota haji kita sempat terpotong dan Alhamdulillah kini kembali normal dan malah lebih meningkat. Begitupun kalau sekarang kita mendaftar haji dan membayarnya maka 13 tahun lagi kita baru berangkat. Oleh karenanya bapak ibu adalah orang-orang terpilih dan semoga mendapatkan predikat Haji dan Hajjah Mabrur,”pungkasnya.
Kakanwil Kemenagsu yang sekaligus sebagai Ketua PPIH Embarkasi Medan Tohar Bayoangin mengatakan bahwa jumlah waiting list (daftar tunggu), jemaah haji Provsu sampai tanggal 27 Juli 2017 sebanyak 104.125 orang dengan masa tunggu 13 tahun.
Sementara itu Wakil Ketua Komisi VIII DPR-RI Isqan Qolba Lubis mengatakan bahwa pemerintah bersama DPR berkomitmen untuk meningkatkan pelayanan terhadap jemaah haji. Upaya yang dilakukan diantaranya rasionalisasi biaya haji atau BPIH dimana tahun ini mengalami penurunan sekitar Rp132 dolar atau sekitar Rp1,7 juta. (SB/husn l)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.