90 Tahun HKI,Sumut Seperti Pelangi, Berbeda Namun Indah

Sentralberita| Siantar~ Gubernur Sumatera Utara (Gubsu) Tengku Erry Nuradi menyebutkan, masyarakat Sumatera Utara seperti pelangi, walaupun berbeda-beda, namun tetap terlihat indah dalam balutan harmonisasi.

Hal itu disampaikan Gubernur Tengku Erry pada pembukaan acara Syukuran Jubileum 90 tahun berdirinya Huria Kristen Indonesia (HKI) yang diselenggarakan di Lapangan Farel Pasaribu Kota Pematang Siantar, Minggu (09/07/2017).

Erry pun mengibaratkan Sumatera Utara seperti sebuah pelangi. Terdiri dari banyak warna yang berbeda satu sama lain, namun dengan perbedaan itu justeru menjadi terlihat indah. Perbedaan itu yang menurutnya merupakan hakekat bernegara bagi seluruh masyarakat di Indonesia.

Disebutkan Gubernur bahwa di samping pembangunan fisik yang kini terus dilakukan pemerintah, juga diperlukan pembangunan non fisik. Karenanya diperlukan peran tokoh agama seperti HKI guna membangun mental dan kerohanian yang baik.

Selain itu, Tengku menyambut baik pesta syukuran Jubelium 90 Tahun HKI. Dirinya berharap seluruh jemaat HKI bisa menjadi tauladan di masyarakat. Diantaranya ikut membangun hubungan harmonis dengan sesama jemaat dan juga dengan agama lain.

Pdt Pahala Hutabarat menyampaikan rasa terimakasih atas perhatian Gubernur Sumut HT Erry Nuradi terhadap keberadaan HKI yang telah berdiri sejak 1 Mei 1927, di mana sebelumnya bernama Huria Kristen Batak sebelum 1946.

Untuk HKI sendiri, sebagai gereja yang ikut memperjuangkan Nasionalisme dan kemerdekaan Indonesia, Pahala menyebutkan kini keberadaannya telah menyebar ke berbagai pelosok negeri seperti Pulau Sumatera, Jawa, Bali, hingga pelosok Kalimantan. Sebagaimana disebutkannya, HKI berasal dari Kota Pematang Siantar.

“Saat ini sudah ada 850 gereja, 310 ribu jiwa (jemaat) untuk menjangkau banyak orang agar bisa hidup rukun, damai dan saling menopang,” katanya.(SB/husni l)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.