Polisi Jangan Asal Menuduh Sembarangan

Bambang Widodo Umar

Sentralberita|Jakarta~ Pengamat Kepolisian Bambang Widodo Umar menyoroti maraknya serangan teror ke markas kepolisian. Dia menilai polisi jangan terlalu mudah mengafilisasikan ke golongan tertentu.

“Jangan terlalu mudah. Bisa banyak orang tersinggung,” kata Bambang,Kamis (29/6).

Pernyataan soal teroris yang dinyatakan berafiliasi ke golongan tertentu juga perlu dibuktikan. Katakanlah afiliasi ke ISIS, kata dia, maka perlu dibuktikan dan jangan sampai subjektif.

Menurut purnawirawan Polri itu, menyatakan afiliasi ke golongan tertentu tidak hanya perlu dilihat dari ideologi tetapi juga konteks secara hukum politik.

Sehingga cara bertindak, keputusan yang diambil Polri, menurutnya, mindsetnya jangan ke satu golongan tertentu. Artinya, kata Guru Besar Hukum FISIP UI itu, tidak ada menuduh sembarangan. Dikhawatirkan akhirnya, polisi bukan dapat simpati, namun justru antipati.

“Yang komentar polisi dulu, polisi terus, lama-lama bagi masyarakat seperti membosankan, tapi kalau dari pakar ini, itu barangkali jadi berbeda,” katanya.

Diketahui, serangan ke markas polisi yang marak disebut dilakukan Jaringan Jamaah Anshar Daulah (JAD) yang berafiliasi ke ISIS. Namun tak hanya kepolisian, sebagian besar pakar terorisme juga menyatakan serangan-serangan tersebut memang dilakukan kelompok teror yang berafiliasi ke ISIS.(SB/rol)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.