Pertunjukan Teater Sambut Lebaran di Kota Padang

Sentralberita| Padang~ Warga kota Padang menyambut Lebaran menghadiri “Tabligh Akbar” di Mesjid Raya Sumatera Barat Sabtu malam (22/6/2017). Acara ini terbuka untuk umum dan pengunjung dapat melihat pertunjukan teater budaya khas Sumatera Barat yang bertema “Kemenangan.”

Antaranews.com pada Sabtu (22/6/2017) melansir sejumlah mahasiswa asing yang sedang mempelajari budaya Minangkabau, ikut meramaikan acara Semarak Syawal 1438 Hijriah itu.Kepala Dinas Pariwisata Sumbar, Oni Yulfian mengatakan mahasiswa asing penerima beasiswa budaya dari Kementerian Luar Negeri, diantaranya dari Myanmar, Jepang, Polandia, Kirgistan.

Mahasiswa asing yang masih kental dialek bahasa ibunya tersebut menarik perhatian pengunjung yang memenuhi parkiran masjid. Apalagi, mereka menggunakan pakaian bernuansa adat dan alat musik tradisi Minang.Selain itu, acara juga dimeriahkan group seni tradisi Sikambang Manih, ISI Padang Panjang, Nasyid Nusantara, Imam Takbir dan Qori Qoriah. Tabligh Akbar digelar untuk menarik wisatawan maupun  pemudik untuk hadir di salah satu destinasi wisata religi Sumatera Barat.

Suasana jalan pada malam takbiran di di  kota Padang terlihat tidak begitu ramai. Berdasarkan pantauan KOMPAS.com di sekitar Masjid Raya Sumatera Barat, hanya satu mobil truk yang membawa rombongan pawai takbiran.
 Seorang pengunjung Masjid Raya, Ahdan jalanan kota mengatakan warga lebih memilih datang ke acara Tabligh Akbar. “Lebih banyak yang takbiran di mesjid sekarang,” kata siswa kelas 6 SD ini.
Memang, suara takbiran lebih sering terdengar di tiap mesjid. Tidak banyak yang berarakan, seperti saat menjelang bulan Ramadhan.

.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.