Mantab… Diorama Sejarah Perkretaapian Segera Hadir di Asahan

Sentralberita – Asahan | Dinas Perpustakaan dan Kearsipan (Dispursip) Pemkab Asahan berencana akan membuat diorama atau miniatur sejarah – sejarah di Asahan dengan memanfaatkan teknologi kekinian guna mendukung pendidikan yang bersifat edukatif.

Hal itu disampaikan Plt Kadis Perpustakaan dan Arsif (Dispursif) Ir Anelia Trisna saat ditemui Sentralberita.com di ruang kerjanya, Rabu (7/6), dalam waktu dekat kita akan membuat diorama sejarah – sejarah di Asahan dan yang pertama kali pihaknya akan membuat diorama perkretaapian, kata Anela Trisna.

Nantinya diorama – diorama itu akan ditempatkan di Gedung Juang 45, ” untuk melestarikan arsip dengan memanfaatkan teknologi sebagai bahan pendidikan, sosialisasi kebijakan dan wisata edukatif yang bertujuan untuk mengapresiasi kearsiopan daerah, ujarnya sembari menegaskan pihaknya memilih perkretaapian karena memiliki kedekatan emosional dengan masyarakat Asahan.

Sekali lagi Anela mengatakan, keberadaan diorama nantinya akan bermanfaat dan semakin menumbuhkan kesadaran masyarakat mengenai peran kearsipan dalam perkembangan sejarah dan potensi Pemkab Asahan, sebagai sarana komunikasi pembangunan daerah, membuka alternatif tujuan rekreasi edukatif serta sebagai sarana pendidikan dan penelitian.

Kedepan gedung juang 45,akan berfungsi sebagai gedung pelestarian arsip tentang kesejarahan asahan,yang isinya ada diorama berbagai sejarah-sejarah di Asahan, pungkas Arnelia. (SB/susilawadi)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.