DPRD Medan Dorong Disdik Terapkan Seluruh SMP Berbasis UNBK

Sentralberita| Medan~ Sekretaris Komisi B DPRD Medan M Nasir mendorong Pemko dalam hal ini Dinas Pendidikan (Disdik) Medan agar seluruh SMP di Medan menerapkan Ujian Nasional Berbasis Komputer (UNBK) pada tahun 2018 mendatang. Pemberlakuan UNBK dinilai sangat perlu guna meningkatkan mutu pendidikan.

Dorongan ini disampaikan M Nasir kepada wartawan saat monitoring ujian nasional di SMP N 12 Medan, Rabu (3/5). Peninjauan ini didampingi Sekretaris Disdik Medan Drs Ramlan Tarigan yang diterima Kepsek SMPN 12 Medan Nursani Pohan.Dimana pelaksanaan ujian di sekolah tersebut masih melaksanakan Ujian Nasional Menggunakan Kertas Pensil (UNKP).

Ditambahkan Nasir selaku politisi PKS ini, penerapan UNBK dinilai sangat penting guna meningkatkan kualitas pendidikan dan penguasaan informasi teknologi (IT). Selain itu dipastikan dapat meminimalisir tingkat kebocoran soal. “DPRD siap untuk membantu pengalokasian anggaran untuk biaya pembelian komputerisasi,” ujar Nasir.

Sementara itu sekretaris Disdik Kota Medan Drs Ramlan Tarigan menyampaikan, saat ini ada 52 SMP di Medan yang sudah menerapkan UNBK sedangkan sisanya masih UNKP. Namun Disdik tetap berupaya dan pada tahun 2018 mendatang dipastikan akan meningkat menjadi 70 persen.

Untuk itu Ramlan tetap berharap kepada DPRD Medan agar ikut mendukung upaya peningkatan mutu pendidikan di Medan. Sama halnya pengalokasian anggaran di APBD supaya diperjuangkan. “Kita harapkan dukungan DPRD Medan. Sehingga pelaksanaan UNBK dalat menyeluruh di di semua tinhkat SMP, ” harap Ramlan.

Pada kesempatan itu Kepsek SMPN 12 Nursani Pohan menuturkan, jumlah siswa SMP N 12 Medan yang mengikuti UNKP berjumlah 305 siswa dan berjalan lancar.

Nursani berharap tahun depan siswa di sekolahnya dapat mengikuti ujian berbasis komputer. Karena alasan belum menerapkan UNBK saat ini karena belum memiliki komputer yang memadai
“Tahun depan mudahmudahan sekolah kita dapat menerapkan ujian berbasis komputer/informasi teknologi, ” harap Nursani (SB/01)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.