Seekor Gajah Berbobot 2 Ton Ditemukan Mati di Langkat-Sumut

Gajah mati di Langkat (foto/SB/AR)

Sentralberita| Medan~ Seekor gajah diperkirakan berusia 12 tahun ditemukan mati di perbatasan hutan Taman Nasional Gunung Louser (TNGL) dan perkebunan sawit milik PT Perkebunan Inti Sawit Subur (PT PIS) di Dusun PancasilaDesa Mekar Makmur kecamatan Sei Lepan kabupaten Langkat. Sejauh ini belum diketahui penyebab matinya hewan berbadan besar tersebut,  namun dugaan sementara gajah betina tersebut mati keracunan.
Gajah berbobot dua ton ini ditemukan, Selasa (18/4/2017) lalu oleh masyarakat setempat sekitar pukul 12.00wib. Saat ditemukan tergelatak di dalam aliran sungai.  Petugas menemukan busa di mulut hewan tersebut.

Setelah dilakukan penyidikan,  petugas gabungan dari Balai Besar Konservasi Sumber Daya Alam (BKSDA) serta yayasan orang utan serta perwakilan dari PT PIS akhirnya melakukan evakuasi dan mengubur bangkai gajah tersebut tidak jauh dari lokasi penemuan.

kepala Balai Besar Konservasi Sumber Daya Alam mengatakan, di mulut gajah betini berbobot 2 ton ini ditemukan berbusa, diduga gajah malang ini keracunan.

Petugas juga menemukan adanya luka kecil dan bekas luka lama di bagian kaki gajah, namun pihak BKDSA  belum dapat memastikan apakah gajah tersbeut keracunan makanan atau mendapat perlakuan kasar dari manusia, namun kebiasaan binatang ini bila mengalami keracunan akan mencari sumber air dan meminum sebanyak-banyaknya agar racun yang masuk ke dalam tubuhnya hilang. sejumlah sempel gajah sudah di ambil dan di bawa ke laboratorium untuk pemeriksaan.

Petugas akan terus melakukan penyidikan. Bila terbukti gajah tersebut mengalami keracunan akibat ulah manusia maka kasus ini akan ditindak lanjuti. (SB/AR).

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.