Disporasu Ciptakan Keterampilan Pemuda Lewat Pelatihan

peserta pelatihan salon kecantikan lagi praktek. (Foto-SB/01)

Sentralberita| Medan~ Suberdaya pemuda harus terus menerus diberdayakan dengan berbagai cara dan upaya, setidaknya  hal ini yang telah dan akan terus  dilakukan Dinas Pemuda dan Olahraga (Dispora) Sumut lewat program dan kegiatan Bidang Kepemudaan Disporasu.

Kabid Bina Kepemudaan Disporasu, M. Thohir ketika ditemui di ruang kerjanya, Jum,at (31/03/2017) mengatakan,  Pemberdayaan merupakan salah satu inti pola dasar pelayanan kepemudaan Disporasu diantara pelayanan Penyadaran dan Pengembangan.

“ Melalui pelatihan seperti salon kecantikan, otomotif dan jahit menjahit yang diikuti pemuda mewakili dari Kabupaten dan kota di Sumatera dan binaan pemuda Disporasu, semua itu bertujuan untuk mencipatakan lifeskill pemuda,”ujar M. Thohir usai mengunjungi tiga tempat pelatihan. Dalam kunjungannya tersebut melihat, peserta dengan serius mengikuti dan bahkan peserta merasa bangga bisa ikut pelatihan.

Pelatihan tiga kegitan tersebut berlangsung secara bersamaan di tempat yang berbeda selama 20 hari dengan harapan setelah mereka selesai bisa bekerja sesuai dengan keterampilan yang dimiliki selama mengikti pelatohan.

peserta pelatihan perbengkelan Disporasu (foto-SB/01)

Seperti tahun-tahun sebelumnya, kata Thohir  telah ada yang berhasil membuka usaha sendiri, ada yang bekerja di usaha orang lan sebagainya. “Saya menyadari untuk buka usaha sendiri memerlukan biaya, namun keterampilan dan semangat yang mereka miliki meruapakan modal yang cukup berharga,”ujarnya.

Memang kepada setiap  peserta selama  mengikuti latihan diberikan uang saku dan diberikan peralatan. Misalnya seperti jahit menjahit diberikan satu unit mesin jahit. Untuk otomotif diberikan alat-alat perbengkelan dan seperangkat alat  kecantikan .untuk salon kecantikan.

Mendatang ini menurut Thohir ditingkatkan kegiatan seperti pelatihan ketermapilan pangkas, keterampilan service handphone dan reprasi komputer. Sementara untuk Pengembangan dan penyadaran kepemudan berbagai kegiatan juga dilaksanakan. (SB/01)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.