Atasi Genangan Air di Jalan Thamrin Dinas Korek Drainase Tersumbat

Sentralberita| Medan~Di tengah dinginnya malam yang disertai guyuran hujan, petugas Dinas Pekerjaan Umum (PU) Kota Medan melakukan pengorekan drainase di Jalan HM Thamrin, Kelurahan Sei Rengas II, Kecamatan Medan Area, Rabu (25/4), sekitar pukul 22.00 WIB. Pengorekan ini dilakukan untuk melancarkan kembali drainase yang selama ini tersumbat sehingga memicu terjadinya genangan air di kawasan tersebut.

  Pengorekan drainase diawali dengan membuka penutup beton menggunakan alat berat jenis bachoe loader mini. Setelah permukaan drainase terbuka, sejumlah petugas menggunakanm peralatan  sederhana seperti cangkul maupun penggaruk mengangkat lumpur bercampur sampah dari dasar drainase.

Proses pengorekan drainase berjalan dengan lancar. Tanpa mempedulikan hujan yang mengguyur, para petugas Dinas PU terus mengorek drainase yang sudah  3 tahun  tidak pernah dikorek sehingga menyebabkan terjadinya sendimentasi. Akibatnya setiap kali hujan deras turun, drainase tak mampu menampung debit air  hujan sehingga menggenangi jalan.

Selain menggunakan tenaga manual, Kadis PU Kota Medan, Khairul Syahnan juga menurunkan 1 unit mobil pengisap lumpur, guna menyedot lumput yang tidak dapat terjangkau menggunakan cangkul maupun penggaruk. Selanjutnya seluruh lumpur hasil pengorekan diangkut menggunakan truk.

Menurut Syahnan, pengorekan ini dilakukan untuk menindaklanjuti keluhan warga yang telah disampaikan kepada Wali Kota Medan, Drs H T Dzulmi Eldin S MSi. “Pak Wali langsung menindaklanjutinya dan memerintahkan kita malam ini untuk melakukan pengorekan,” kata Syahnan.

Dijelaskan Syahnan, pengorekan sengaja dilakukan malam hari agar tidak mengganggu kelancaran lalu-lintas di kawasan tersebut. Sebab, kehadiran alat berat, mobil penyedot lumpur maupun truk menyita hampir separuh jalan. “Apalalagi malam ini hujan turun sehingga aktifitas warga yang melintasi kawasan ini berkurang. Jadi   kondisi ini snagat mendukung kita dalam memaksimalkan pengorekan drainase,”   ungkapnya.

 Meski hujan namun  tidak sedikit warga yang keluar rumah untuk menyaksikan pengorekan drainase tersebut. Mereka tampak gembira, sebab  pengorekan ini  akan mengatasi persoalan genangan air yang selama ini  dikeluhkan. Itu sebabnya warga sekitar sangat mengapresiasi  prongorekan drainase tersebut.

 Taufik Hamzah mewakili warga Lingkungan I,  tak lupa mengucapkan terima kasih kepada Wali Kota karena telah menindaklanjuti keluhan mereka. “Kami sangat berterima kasih kepada Bapak Wali Kota, sebab beliau sangat cepat merespon apa yang selama ini menjadi keluhan warga.  Semoga  dengan pengorekan yang dilakukan ini, genangan air tidak terjadi lagi di kawasan ini,” harap Taufik. (SB/01/H)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.