Soal Pohon di Kota Medan, Ini Kata Sahat Simbolon

 

Sahat Simbolon (foto-dok)

Sentralberita| Medan~ Kota Medan terdapat pohon yang sudah tua dan telah memiliki ranting yang telah menjorok hingga melewati badan jalan, ada juga ranting pohon tersebut telah menyatu dengan pohon lain diseberangnya, sehingga layak untuk dipangkas.

“ Tentunya ini sangat berbahaya bagi para pejalan kaki ataupun pengendara bermotor yang lewat dibawah poho-pohon tersebut, sudah seharusnya Kepala Dinas Pertamanan dan Kebersihan Kota Medan melakukan pemangkasan pohon “ ujar Sahat  Simbolon, Selasa,(07/3/2017).

Untuk itu, Sahat Simbolon meminta kepada M.Husni selaku Kepala Dinas Pertamanan dan Kebersihan Kota Medan, agar segera melakukan pemetaan terhadap seluruh pohon-pohon yang ada di Kota Medan sehingga diketahui pohon-pohon yang sudah selayaknya untuk dipangkas sebelum ada korban.

“ Kita berharap kinerja Kepala Dinas Pertamanan dan Kebersihan saat ini jauh lebih baik dari Kepala Dinas Pertamanan sebelumnya. Saya juga ada menerima laporan dari warga yang tinggal di Jalan Pembangunan Kelurahan Helvetia Timur, Kecamatan Medan Helvetia bahwa didaerah tersebut kondisi pohon-pohonnya yang rindang, namun sudah butuh untuk dipangkas, sebab ranting pohon jenis mahoni tersebut sudah banyak menjulur kepepohonan lainnya, dan dikhawatirkan rawan patah dan menimpa pengguna Jalan,” ujar Politisi dari Partai Gerindra tersebut.

Salah seorang warga sudah pernah menyurati Dinas Pertamanan dan Kebersihan untuk datang mengecek kondisi pepohonan di daerah tersebut, namun sampai saat ini, tidak satupun dari pihak Dinas Pertamanan dan Kebersihan yang datang untuk melakukan pemangkasan terhadap pohon yang dikeluhkan warga tersebut.

“ Kita tidak tahu kendalanya dimana, namun sehendaknya,  Dinas Pertamanan dan Kebersihan segera menindaklanjuti laporan warga tersebut, agar jangan sampai ada korban terlebih dahulu baru Dinas Pertamanan melakukan tindakan.

Kita mengingat beberapa kejadian pohon tumbang di Kota Medan yang sampai memakan korban jiwa meninggal dunia di Jalan Sudirman beberapa tahun lalu, hingga saat ini tidak jelas masalah ganti rugi perbaikan kenderaannya, belum lagi yang baru-baru ini terjadi, di Jalan Walikota Medan, sebuah pohon tua jenis Trambesi yang ada tepat di depan Merdeka Walk tumbang dan menimpa kenderaan yang ada terparkir didekat pohon saat itu, “ jelasnya. (SB/01)

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.