PRSU Jadi Kalender Nasional, Kab/Kota Akan Disubsidi

Sentralberita| Medan~Gubernur Sumatera Utara Erry Nuradi menyampaikan, pada tahun 2017, PRSU termasuk dalam Kalender wisata nasional. katanya saat pembukaan PRSU, Jumat (17/3/2017) malam.
Pembukaan PRSU berlangsung,  meriah dimana Gubsu didampingi Wakil Gubsu Nurhajizah, Sekda Provsu Hasban Ritonga serta bupati/walikota se Sumut. Dengan menampilkan seni budaya khas Kabupaten Humbang Hasundutan yang menjadi tuan rumah pembukaan PRSU.
Dalam sambutannya Gubernur mengatakan PRSU merupakan satu-satunya pekan raya tingkat provinsi yang penyelenggaraanya berkelanjutan memuat potensi dan budaya daerah. “Tahun 2017 PRSU masuk kalender nasional Kementerian Pariwisata yang ditetapkan sebagai salah satu destinasi wisata,” kata Gubsu.
Dia menjelaskan Kemenbudpar telah menetapkan tiga event sebagai destinasi wisata bertaraf nasional di Sumut yaitu PRSU, Pesta Danau Toba dan Ramadhan Fair.
 Mulai tahun depan pihaknya akan memberi subsidi kepada seluruh kabupaten/kota yang ingin buka stand sepanjag tahun. Melalui persetujuan DPRD Sumut, setiap kabupaten akan mendapat subsidi Rp 25 juta per bulan atau Rp 300 juta setahun agar bisa Pameran produk dan budaya berlangsung setiap tahun.
Kepada Pemkab dan Pemko yang telah memiliki paviliun di area PRSU, Gubsu menginbau untuk berperan aktif mendukung program open daily PRSU dengan penganggaraan melalui APBD masing-masing.
Gubernur mengapresiasi Penyelenggaraan Inotech Award yang dilaksanakan utuk kedua kali. Perlombaan inovasi teknologi  yang memperebutkan piala Gubernur itu diikuti lebih dari 100 peserta dari perguruan tinggi dan SMK.
Salah satu karya peserta sudah diaplikasi pada pelaksanaan PRSU yaitu elektronik card sebagai pass masuk arena.
PRSU dimeriahkan dengan malam pementasan budaya daerah, karnaval kendaraan hias dari kantor gubsu ke arena prsu. Setiap hari digelar hiburan artis dari Kita Medan  dan juga artis ibukota.
PRSU diikuti peserta dari luar provinsi​ yaitu Jawa Timur dan entrepeneur muda dari Singapura dan Thailand. Selesai acara PRSU dapat buka paviliun sepanjang tahun. PRSU tahun 2017 diikuti 333 peserta, 33 kab kota, 100 bumd, 100 ukm dan 100 kuliner. Dibandingkan tahun lalu menurut Nuzirwan terjadi kenaikan peserta hingga 20 %.
Dalam kesempatan itu Gubsu meresmikan paviliun baru milik Kabupaten Hunbanghasundutan.
Dalam kesempatan itu ditampilkan Fragmen kolosal bertajuk Pahlawan Nasional Sisingamangaraja XII yang disutradai oleh Thomson HS. (SB/01)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.