Munas Akan Digelar , Ini Harapan Gubsu pada ISKA Sumut

ISKA Sumut yang dipimpin Hendrik Halomoan Sitompul beraudiensi denga Gubsu terkait Munas ISKA.

Sentralberita| Medan~ Gubernur Sumut H Tengku Erry Nuradi Msi mengharapkan agar Ikatan Sarjana Katholik Indonesia (ISKA) Sumut dapat memberikan masukan pada pemerintah terkait berbagai persoalan-persoalan yang terjadi di Indonesia dari sisi intelektualitas. Selain  meminta agar ISKA dapat berperan aktif ikut serta mencerdaskan kehidupan berbangsa di Indonesia

Hal itu Gubsu katakan ketika menyambut kedatangan Panitia MUNAS ISKA 2017 dan para pengurus DPD ISKA Sumut diantaranya Ketua ISKA Sumut Drs Hendrik Halomoan Sitompul MM, Sekretaris  Delphius Ginting,ST., MSP, DR.Alum Turnip SH, Sandrak Manurung S.Sos.,  dan jajaran pengurus Alexander Bitarna Bukit, SH, Ernita Bangun SE., MSP saat beraudiensi ke ruang rapat Gubsu di Lantai 10 Kantor Gubsu di Jalan Diponegoro Medan, Selasa (28/2).
“Saya berharap ISKA bisa berhubungan dengan pemerintah soal intelektualitas. Dan kita meminta agar para intelek-intelek muda yang ada di ISKA dapat memberikan sumbangsih pemikiran dalam mencerdaskan kehidupan berbangsa di negri ini,” ucap Gubsu Erry.
Erry juga menyambut baik kegiatan Musyawarah Nasional (Munas) untuk pemilihan kepengurusan ISKA Pusat yang bakal digelar di kota Medan pada tanggal 24 hingga 27 Maret 2017 mendatang. Dengan begitu, kepercayaan yang diberikan kepada Sumut khususnya kota Medan dalam menyelenggarakan even-even skala nasional patut diapresiasi.
“Kemarin juga kita banyak menjadi tuan rumah diajang-ajang skala nasional bahkan internasional. Dan sekarang para kaum intelek dari Ikatan Sarjana Katholik Indonesia juga bakal menggelar Munas di Kota Medan. Untuk itu kita patut apresiasi kegiatan tersebut,” jelas Gubsu yang pada saat menerima kunjungan audiensi didampingi para Kepala Dinas diantaranya Kadis Pariwisata Provsu Elisa Marbun.
Sebelumnya Drs Hendrik H Sitompul memaparkan maksud kedatangan ISKA ke Gubsu adalah dalam rangka persiapan menjelang Munas ISKA Pusat dalam pemilihan kepengurusan 2017-2020. Pria yang juga menjabat sebagai Anggota DPRD Medan dari Fraksi Partai Demokrat itu juga mengundang Gubsu untuk hadir pada pembukaan yang bakal dibuka oleh Menko Kemaritiman Luhut Binsar Panjaitan.
Selain ikut menghadiri, Hendrik juga memberitahu bahwa salah satu kegiatan itu adalah seminar tentang pengembangan kawasan Danau Toba. Pada saat seminar itu, ISKA meminta agar Gubsu sebagai narasumber dalam seminar tersebut bersama dengan Uskup Agung Medan Mgr Anicetus B Sinaga OFMCap dan Kepala Badan Pelaksana Otoritas Danau Toba (BPODT).
“Ia saya siap menjadi narasumber. Kalau bahan kemungkinan nantinya disiapkan dulu oleh Kadis Pariwisata,” jawab Gubsu dan sekaligus memerintahkan Kadis Pariwisata mempersiapkan bahannya.
Hendrik juga memaparkan bahwa kegiatan itu bakal dihadiri sejumlah menteri diantaranya Menteri ESDM Ignasius Jonan dan para tokoh cendikiawan umat Katholik.
“Kita memang sengaja mengajak para tokoh-tokoh Katholik yang berada dilingkungan pemerintahan. Petinggi dari Lembaga Pertahanan Nasional juga kita undang,” ucap pria yang juga Alumni PPRA angkatan 52 Lemhanas RI sembari kembali menawarkan para peserta yang berjumlah 200-an dari seluruh Indonesia hadir ke Medan untuk bisa mengunjungi Rumah Dinas Gubsu. Spontan Gubsu langsung mengiyakan permintaan itu. “Baik akan saya perintahkan protokoler untuk mempersiapkan segalanya,” jawab Tengku Erry lagi.
Hendrik menjelaskan adapun rincian kegiatan yang bakal dilaksanakan di gedung Katholik Center di Jalan Mataram Medan adalah pada hari pertamanya 24 Maret yakni pada pukuk 15.00 wib dilaksanakan pembukaan Munas yang dibuka langsung oleh Menko Kemaritiman Luhut Binsar Panjaitan.
Lalu malamnya digelar kegiatan seminar yang pada seminar itu Gubsu salah satu narasumbernya. Esoknya pada 25 Maret paginya digelar seminar kembali. Seminar kali ini dihadiri oleh Menteri ESDM Ignasius Jonan, Mantan Menhan RI Purnomo Yusgiantoro dan beberapa petinggi di Lemhannas RI sebagai narasumbernya.
Malamnya, para pengurus ISKA dari tingkat DPC, DPD se Indonesia menggelar Sidang MUNAS u agenda internal dan memilih Ketua Presidium ISKA Pusat periode 2017-2020.
Dan terakhir esoknya 26 hingga 27 Maret, DPD ISKA Sumut yang menjadi panitia Munas kali ini mengajak seluruh peserta untuk melakukan kunjungan wisata ke Pulo Samosir Kabupaten Samosir dan sekembalinya akan singgah ke lokasi relokasi pengungsi Sinabung di Siosar. (SB/01)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.