Banjir Bandang Terpa Padangsidimpuan, Rumah Warga Hanyut dan Rusak Berat

Sentralberita~|Padangsidimpuan~ Banjir  bandang terjadi di sejumlah wilayah Kota Padangsidimpuan, Minggu (26/3/2017) malam ini, akibatnya puluhan rumah warga hanyut dan rusak berat. Tdak ada korban jiwa dalam peristiwa yang menyedihkan itu, namun kerugian titaksir mencapai miliaran rupiah.

Peristiwa yang menggeparkan tersebut terjadi seperti  Kelurahan Batunadua, Kecamatan Padangsidimpuan Batunadua, Kota Padangsidimpuan. Di tempat itu,  1 rumah milik warga dipastikan hanyut karena terseret air.Selain, di Kelurahan Bincar, Kecamatan Padangsidimpuan Selatan, Kota Padangsidimpuan.

Di wilayah itu, sampai saat ini belum diketahaui jumlah total rumah yang hanyut dan rusak, sebab, kondisi masih hujan lebat dan listrik padam. Sedangkan seluruh warga sudah mengungsi dari tempat tinggalnya masing-masing.

Kondisi yang sama juga terjadi di Jalan Nusa Indah, Kecamatan Padangsidimpuan Selatan, Kota Padangsidimpuan. Di daerah itu, sedikitnya delapan rumah milik warga hanyut, sedangkan puluhan rumah mengalami rusak berat dan ratusan rumah mengalami rusak ringan.

Ketinggian air di badan jalan mencapai 1 meter, sedangkan di rumah 1,5 meter. Seluruh pemukumiman warga dipenuhi oleh lumpur, karena dibawa oleh air. Perabotan yang ada di rumah warga terlihat rusak dan berantakan karena dihantam derasnya air.

Banjir juga membuat salah satu jembatan penghubung di kawasan tersebut nyaris roboh dan terpaksa ditutup untuk sementara waktu untuk umum, karena  sebagian badan jembatan sudah rusak terkikis air. Dikhawatirkan, apabila tidak ditutup maka jembatan itu akan roboh dan kondisinya semakin parah.

Kepala Badan Penanggulangan Bencana Alam Daerah (BPBD) Kota Padangsidimpuan, Hairul Harahap mengatakan, peristiwa tersebut terjadi karena luapan air Sungai Batang Ayumi. (SB/01/SNC)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.