Mesin Tik Kuno itu Dicoba Hasban Ritonga

Hasban Ritonta coba mesin tik kuno/(foto-ist)

Sentralberita| Medan~“Dengan mengucapkan Bismil Pameran Pers Perjuangan Kemerdekaan RI di Sumatera Utara dibuka dengan menggunakan mesin tik ini,”ujar Sekda Provsu  seraya mencoba mesin tik kuno papembukaan   pameran Pers Perjuangan Kemerdekaan RI Sumatera Utara di Gedung Juang 45 Sumatera Utara Jl. Pemuda Medan , Kamis (9/2).

Berbeda dengan pembukaan acara biasanya yang ditandai dengan pemukulan gong, kali ini pembukaan ditandai dengan ketukan mesin tik kuno yang suaranya, alamaak….

 Hadir pada kesempatan tersebut Ketua Dewan Harian Daerah (DHD) ’45 Sumut H Nurdin Lubis, Ketua Dewan Pembina PWI Sumatera Utara Sofyan Harahap, Ketua PUSSIS Unimed Dr. Phil. Ichwan Azhari, MS, Kepala Badan Pengembangan SDM Provsu Bonar Sirait, para insan pers,  para pimpinan DHC ’45 Kabupaten kota se-Sumatera Utara, dan para mahasiswa.

 Dalam sambutannya Gubsu Erry Nuradi yang sampaikan Hasban Ritonga mengatakan Pemprovsu sangat mendukung dan siap membantu untuk renovasi Gedung Juang 45 Sumut yang sejak 1975 belum pernah ada renovasi.

 “Insya Allah Pemprovsu akan tampung anggaran renovasi Gedung Juang 45 Sumut pada APBD Provsu Tahun Anggaran 2018,” sebut Sekdaprovsu.

 Hasban bahwa pemprovsu menyambut hangat dan mengapresiasi gagasan dan inovasi yang dilakukan panitia penyelenggara pada kegiatan Pameran Pers Perjuangan Kemerdekaan RI di Sumatera Utara Tahun 2017.

 Pada kegiatan ini ditampilkan hasil karya para jurnalis di masa perjuangan kemerdekaan RI khususnya yang ada di Sumatera Utara dalam bentuk tulisan yang diterbitkan di media massa, khususnya para jurnalis yang berasal dari Sumatera Utara. Dengan pameran pers dalam rangka Hari Pers Nasional Tahun 2017, Sumatera Utara turut merayakan hari Pers Nasional 2017 yang dipusatkan di Ambon.

 “Harapannya dengan pameran ini bisa menjadi sumber inspirasi bagi setiap pengunjung, agar nilai-nilai kejuangan dan cinta tanah air bisa tetap terpelihara didalam diri kita masing-masing. Rasa persaudaraan dan kebersamaan itu tentu akan muncul apabila rasa kebangsaan itu lahir tetap di dalam hati nurani kita masing-masing,” ujarnya.

 Sebelumnya Ketua DHD 45 Nurdin Lubis menyampaikan kegiatan ini dilaksanakan dalam rangka peringatan Hari Pers Nasional (HPN) Tahun 2017. Kegiatan ini lanjutnya terselenggara atas kerjasama pihaknya dengan Provinsi Sumatera Utara dan PUSSIS Unimed. Dikatakan Nurdin Pameran Pers Perjuangan Kemerdekaan RI di Sumatera Utara yang dilaksanakan pada tanggal 9 Pebruari 2017 sampai dengan 16 Februari 2017 di Gedung Juang 45 Sumut.

 Kegiatan ini lanjut Nurdin, juga dalam rangka untuk mendukung keinginan dari Pemprovsu agar Hari Pers Nasional tahun 2018 dipusatkan di Medan Sumatera Utara. Karena Sumut jadi tuan rumah HPN terakhir tahun 1994.

 Ketua Dewan Kehormatan PWI Sumatera Utara Sofyan Harahap pada kesempatan itu mengharapkan agar pemerintah Sumatera Utara dapat mengangkat tokoh-tokoh pers dari Sumut menjadi pahlawan nasional mengingat kontribusi yang cukup besar para insan pers dari Sumut pada masa perjuangan.

 “Banyak tokoh-tokoh pers dari Sumut yang punya andil cukup besar untuk kemerdekaan negara RI terutama untuk Sumatera Utara, namun masyarakat, khususnya masyarakat Sumut belum mengetahuinya,” ujar Sofyan.

 Hal senada juga disampaikan Ketua PUSSIS UNIMED peran pers sangat besar untuk perjuangan kemerdekaan RI terutama di Sumut.

Dikatakannya bahwa tokoh-tokoh pers dari Sumut yang paling berani untuk menerbitkan koran Benih Merdeka secara terang-terangan sebagai alat untuk mencapai kemerdekaan di jaman penguasaan pemerintah Belanda di Indonesia. Dan tokoh-tokoh pers dari Provinsi Sumatera Utara merupakan pelopor.(SB/01)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.