Susi: Pemberantasan Pencurian Ikan Tanpa Henti Dilakukan

Sentralberita| Jakarta~ Menteri Kelautan dan Perikanan Susi Pudjiastuti mengatakan, pemberantasan illegal fishing (pencurian ikan) akan terus dilakukan tanpa henti.

“Penegakan hukum illegal fishing di Indonesia selama ini telah memberikan beberapa hasil yang luar biasa. Ini akan terus dilakukan sehingga laut memberikan kesejahteraan bagi rakyatnya,” tekad Susi.

Bos Susi Air itu meminta, seluruh pejabat yang bertu­gas mengawasi sumber daya laut dan perikanan di dalam negeri, bisa benar-benar men­jaga integritasnya. “Negara harus melindungi nelayan tradisional, bukan malah ber­main matadengan para pelaku illegal fishing,” ingatnya.

Dia berpesan, Direktorat Jenderal Pengawasan Sumber Daya Kelautan dan Perikanan Kementerian Kelautan dan Perikanan (Ditjen PSDKP KKP) harus mampu melaku­kan tugasnya dengan baik. Karena, hanya dengan kesungguhan, cita-cita Indonesia menjadi poros maritim dunia bisa dengan mudah tercapai.

“Kredibilitas dari semua penjaga-penjaga laut ini lebih penting daripada armada dan kemampuan logistik lainnya. Kredibilitas, integritas, dan sikap tidak bisa dibeli, sangat dibutuhkan,” tegasnya.

Susi juga berharap, sektor kelautan bisa memerangi kemiskinan. Sehingga bisa membantu target pemerintah untuk mengurangi kesenjangan.

Susi juga meminta anak buahnya berhemat. Menurut­nya, setiap operasional dan kegiatan yang dilakukan oleh para pegawai KKP, harus efisien dan berdampak lang­sung kepada masyarakat. (SB/01/rmol)

Comments