Evaluasi SAKIP: Kabupaten/Kota di Indonesia Rata-Rata Nilainya 50 atau Kategori C, Ini Permasalahannya

Sentralberita| Jakarta~ Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (MenPAN-RB) Asman Abnur menjelaskan, pada 2016, rata-rata nilai evaluasi Sistem Akuntabilitas Kinerja Instansi Pemerintah (SAKIP) kabupaten/kota sebesar 49,87 atau meningkat dibanding tahun 2015 yang hanya 46,92.Meski terjadi peningkatan,  akan tetapi rata-rata kabupaten/kota masih di bawah 50.

“Itu berarti masih berada pada kategori C. Sebanyak 425 kabupaten/kota atau 83 persen dari total seluruh kabupaten/kota masih mendapat nilai di bawah B,” ujar Asman dalam keterangannya, Rabu (25/1).

Dia Mengatakan, rendahnya tingkat akuntabilitas kabupaten/kota akibat empat permasalahan utama. Yakni tujuan atau sasaran yang ditetapkan tidak berorientasi pada hasil, ukuran keberhasilan tidak jelas dan terukur, program atau kegiatan yang ditetapkan tidak terkait sasaran, serta perincian kegiatan tidak sesuai maksud kegiatan.

Empat permasalahan tersebut menciptakan inefisiensi penggunaan anggaran pada instansi pemerintah.

“Jika mengacu pada hasil evaluasi dan berdasarkan data yang telah dihitung terdapat potensi pemborosan minimal 30 persen dari APBN/APBD di luar belanja pegawai setiap tahun. Angka tersebut setara dengan kurang lebih Rp 392,87 triliun,” demikian Asman (SB/01/rmol)

Comments