PLTS Terapung di Danau Toba Dimulai

pltsSentralberita| Medan~Gubernur Sumatera Utara H T Erry Nuradi menyatakan dukungannya atas rencana Korea Environmental Industy dan Technology Instute (KEITI) membangun Pembangkit Listrik Tenaga Surya Terapung di perairan Danau Toba.

“Kita menyambut baik tindak lanjut rencana pembangunan Pembangkit Listrik Tenaga Surya Terapung di Danau Toba. Ini sangat baik sekali karena dapat menambah pasokan listrik Sumut yang ramah lingkungan,” kata Gubsu.

Hadir dalam kesempatan itu Senior Advisor KEITI Kyung Nam shin, Associate Research KEITI Myung Sub Shin, Manager LSIS Je Hak Son, Yong Heum Lee dan partner lokal. Gubsu  didampingi Kepala badan Lingkungan Hidup Hidayati dan Kepala Dinas Pertambangan dan  Energi Edy Salim.

Sebagai tindaklanjut kunjungan sebelumnya, KEITI yang menggandeng perusahaan LS IS (salah satu anak perusahaan LG) melakukan Studi Kelayakan (Feasibility Study/FS) pembangunan PLTS Terapung di Danau Toba pada Desember ini. Rencananya hasil FS tersebut akan diserahkan ke pihak-pihak terkait termasuk Pemorv Sumut pada 15 Januari 2017.

Senior Advisor KEITI Kyung Nam Shin mengatakan pihaknya yakin pembangunan PLTS terapung di Danau Toba akan mendatangkan banyak manfaat. “Proyek ini akan memberi banyak manfaat bagi banyak orang, dan tidak sulit untuk pembiayaanya. Untuk implementasi proyek, kami butuh dukungan Gubernur, terkait perizinan dan AMDAL,” kata Kyung.(SB/01)

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.