ISKA Diminta Berperan Pengembangan Danau Toba

lamSentralberita| Medan~ Uskup Agung Medan  mengharapkan Ikatan Sarjana Katolik Indonesia (ISKA) Sumut memainkan perannya sebagai think tank dalam setiap tindakan yang memberikan peluang kepada umat Katolik untuk berbuat bagi kepentingan bangsa khsusnya di daerah.

Hal itu diungkapkan Uskup Agung Medan Mgr Dr AB Sinaga OFM Cap saat menerima Pengurus Ikatan Sarjana Katolik Indonesia (ISKA) Sumut Periode 2016 – 2019 yang  melaporkan hasil kegiatan Musda ISKA Sumut yangberhasil mengantarkan kembali Drs Hendrik Halomoan Sitompul, MM  menjadi Ketua ISKA Sumut di Keuskupan Agung Jalan Imam Bonjol Medan, kemarin.        

Dikatakannya, saat ini  Katolik sedang diberikan sejumlah peluang di antaranya pengembangan Badan Otorita Danau Toba (BODT).

“Kita ingin menjadikan Danau Toba untuk mensejahterakan masyarakat. Karenanya kita akan undang investor agar menanamkan modal di kawasan wisata Danau Toba tanpa harus menjual tanah kepada mereka,” tukasnya sembari menyatakan seiring dengan itu ia juga tengah merancang dibentuknya Desa Adat di Samosir  sekaligus menentukan batasan wilayah-wilayahnya.

Uskup juga mengajak ISKA bersama sama memainkan perannya sesuai dengan bidangnya masing-masing.

“Selama ini saya merasa sendiri dalam bertindak karenanya sayal membutuhkan dukungan dari ISKA sebagai pemikir,” tukasnya sembari menyatakan saat ini Indonesia membutuhkan Katolik untuk menjembatani berbagai pihak untuk besama membangun bangsa sesuai harapan Presiden Jokowi.

Sedangkan diinternal keumatan, saaat ini tengah berlangsung pendataan KTP  yang dikolom penduduknya sudah disebutkan Katolik bukan Kristen. Sekarang ini juga dilaksanakan gerakan massal memodifikasi perkawinan dengan sepertiganya terdaftar dan memiliki akte kelahiran serta penetuan hak waris.

“Kita juga tengah di sibukkan mengupayakan tanah sebagai lahan perkuburan solusinya saat ini kita tengah membeli lahan di Sibiru-Biru. Mengingat keterbatasan lahan 10 tahun ke depan Medan harus memiliki krematorium,” tukasnya seraya menytakan saat ini situasi lebih membaik  yang sebelumnya cuma ada 19 legislatif Katolik se-Sumut sekarang ini bertambah menjadi 39  anggota dewan. Bahkan yang kita bangggakan saat ini Ketua DPRD Medan beragama Katolik.

Sebelumnya Ketua ISKA  Sumut Hendrik Halomoan Sitompul menyampaikan kepada  Uskup Agung Medan ISKA Sumut melaporkan kegiatan  Munas ISKA 2017 terpusat di Medan. 

Kegiatan ini, lanjut anggota DPRD Medan Fraksi Partai Demokrat,  rencananya akan dilaksanakan  mulai 24-26 Maret 2017 di Chatolik Center. Kegiatan munas ini  nantinya akan dirangkaikan dengan sejumlah seminar  dengan pembicara para tokoh nasional Katolik yang ada di Kementerian, TNI/Polri, BUMN dan  salah satu pembicaranya Uskup Agung Medan.
 
“Setelah itu dipenghujung kegiatan, para peserta munas dari berbagai daerah di Indonesia akan diboyong melihat keindahan Danau Toba,” ujar alumni PPRA 52 Lemhanas RI tersebut.  (SB/01)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.