Sepak Bola Sumut Lolos ke Popnas 2017

img-20161119Sentralberita| Pekanbaru~ Tim sepak bola Sumatera Utara meraih medali perunggu pada Pekan Olahraga Pelajar Wilayah (Popwil) Sumatera 2016 usai mengalahkan Jambi melalui adu penalti dengan skor 6-5 di Stadion Kaharuddin Nasution, Rumbai, Sabtu (19/11) pagi. Hasil ini membuat Sumut memastikan lolos ke Pekan Olahraga Pelajar Nasional (Popnas) 2017 di Semarang.
Mengusung misi tiket lolos ke Popnas 2017, Sumut melakukan rotasi pemain. M Randika, Rizki Fauzi, Lutfi Syanakri dan Akbar DR yang sebelumnya penghuni bangku cadangan, dimainkan sebagai starter. Keputusan ini sangat tepat. Randika berhasil membuka keunggulan Sumut melalui golnya di menit ke-22.
Selepas gol tersebut para pemain Sumut semakin termotivasi. Mereka berkali-kali memiliki peluang. Namun cemerlangnya penampilan kiper Jambi, M Fajri membuat peluang itu gagal menjadi gol. Babak pertama berakhir dengan keunggulan Sumut.
Pada babak kedua, pemain Sumut terus menggempur pertahanan Jambi. Keasyikan menyerang membuat lini pertahanan Sumut kecolongan. Pemain Jambi Afrianto berhasil menyamakan kedudukan pada menit ke-77. Namun hanya berselang lima menit, Sumut kembali unggul melalui M Randika di menit ke-82.
Gol tersebut membuat para pemain Sumut sedikit mengendurkan serangan. Kondisi ini dimanfaatkan oleh Jambi, dengan menyamakan kedudukan melalui Marta Yandra di menit ke-86. Gol itu membuat Sumut terkejut dan meningkatkan serangan. Namun hingga waktu normal berakhir, kedudukan masih imbang.
Laga pun harus ditentukan melalui adu penalti. Kiper Sumut Anggi Prayuda yang sempat gerogi pada laga semifinal, menunjukkan kelasnya pada babak adu penalti ini. Dia berhasil menepis tiga tendangan pemain Jambi. Sumut pun memenangkan adu penalti dengan skor 4-3.
Hasil ini membuat Sumut berhak meraih medali perunggu sekaligus tiket lolos ke Popnas 2017 di Semarang. Pelatih Sumut Syafei Pilly mengaku senang dengan hasil ini, meski sempat kecewa karena gagal lolos ke final. “Tentu senang bisa lolos ke Popnas, tapi kegagalan dari Sumbar di babak semifinal masih membekas,” ujar Pilly didampingi manajer tim Pesta Lumbangaol.
Kekecewaan akibat dikalahkan Sumbar juga membuat Pilly melakukan rotasi pemain. Hasilnya empat pemain cadangan yang dijadikan starter tampil cukup bagus. “Empat pemain cadangan yang dimainkan memiliki semangat tinggi.  Itulah kunci kemenangan kita, ditambah penampilan bagus kiper Anggi Prayuda,” pungkasnya. (SB/01)

 

 ()

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.