Harkopnas di Labura: Wujudkan Ekonomi Berdikari

laburaSentral Berita| Labura~ Pemerintah Kabupaten Labuhanbatu Utara (Labura) memperingati Hari Koperasi Nasional (Harkopnas) ke-69 tahun 2016. Kegiatan dilaksanakan di lapangan SMAN 1 Kualuh Hulu, selasa (1/11/2016).

Kegiatan Harkopnas tahun ini mengambil tema “Reformasi Koperasi Mewujudkan Ekonomi Berdikari”. Acara ini dibuka langsung oleh  Wakil Bupati (Wabup) Kabupaten Labura, Drs.Dwi Prantara MM.

Pidato Bupati Labuhanbatu Utara (Labura) H.Kharuddin Syah,SE disampaikan melalui Wakil Bupati, Drs.Dwi Prantara MM pada acara Harkopnas mengatakan “Setelah pemekaran atau dengan istilah otonomi daerah, Kabupaten Labura saat ini berusia delapan tahun. Walaupun kabupaten yang tergolong masih muda namun koperasi di labura mampu berkontribusi membangun perekonomian di Kabupaten Labura”.

Diantaranya, koperasi simpan pinjam/ unit simpan pinjam koperasi volume usaha untuk tahun 2015 mencapai sekira Rp.397 milyar dan saat ini kita memiliki Kopdit CU.Budi Murni yang memiliki omset tahun 2015 mencapai Rp.97 milyar. Kemudian koperasi produsen kita memiliki KUD, Sawit Makmur Mandiri III dengan volume usaha pemasaran sawit mencapai Rp.40 milyar, yang produksinya murni berasal dari perkebunan.

Pemerintah berkomitmen untuk meningkatkan perannya dalam membangun koperasi melalui berbagai kegiatan dan program.

Setiap tahunnya Dinas Koperasi dan UMKM Labura mengucurkan dana bantuan pinjaman lunak sebesar Rp.50 juta untuk sepuluh koperasi setiap tahunnya. Hal tersebut sudah berjalan sejak tahun 2012.

Tujuan pemerintah memberikan bantuan dana pada koperasi secara bergulir, agar koperasi tersebut mampu menangkap peluang untuk mengembangkan usaha. Sehingga disamping menambah pendapatan, anggota koperasi juga mampu mengurangi tingkat pengangguran.

Saat dikonfirmasi wartawan perihal memperingati Harkopnas Ke-69 Wabup.Drs.Dwi Prantara MM mengatakan “mari berkoperasi, kembangkan koperasi yang ada di Kabupaten Labura. Saat ini koperasi sudah berkembang pesat, bahkan saat ini menyerap tenaga kerja sekira 10 ribu orang” ujarnya.

Lanjutnya, Dwi Prantara MM juga mengapresiasi Kepala Dinas Koperasi Dan UMKM Labura. Subekti.MPd yang telah berjuang dalam mengembangkan dan memajukan koperasi yang ada di Labura. Sejak beliau memimpin dinas koperasi maju dan bahkan dalam setiap moment kegiatan berjalan sukses dan lancar. Tandasnya.

Sementara saat dikonfirmasi awak media pada Kadis Koperasi dan UMKM Kabupaten Labura, Subekti.MPd terkait kegiatan Harkopnas dikatakannya ” saat ini jumlah koperasi yang ada di Labura mencapai 20 ribu termasuk koperasi yang belum mendaftar, yang terdiri dari koperasi berada diperusahaan, Pabrik, PT dan CV yang artinya mulai dari koperasi yang sudah punya modal besar dan terkecil”, ucapnya.

Masih katanya, banyak manfaat yang dapat diambil kalau kita bergabung dengan koperasi. Agar ekonomi dalam keluarga menjadi lebih baik dan lebih maju dalam berusaha. Dalam acara peringatan Harkopnas ini dihadiri oleh jajaran perangkat daerah dan pelaku koperasi di Kabupaten Labura. (SB/Wandi)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.