Disporasu Latih BEM se-Sumut Persiapan Menuju MEA

Sekretaris Disporasu Sakiruddin menyematkan tanda peserta pelatihan BEM PT se-Sumut (foto-SB/01)
Sekretaris Disporasu Sakiruddin menyematkan tanda peserta pelatihan BEM PT se-Sumut (foto-SB/01)

Sentralberita| Medan~ Dinas Pemuda dan Olahraga Provinsi Sumatera Utara  (Disporasu) melakukan pelatihan Badan Eksekutif Mahasiswa Beasiswa (BEM) se-Sumatera Utara yang diberi nama “Pelatihan Peningkatan Kapasistas Pengurus Organisasi Kemahasiswaaan Kabupaten/Kota Provinsi Symatera Utara”.

Pelatihan yang berlangsung sealama  di Hotel Raz Jalan Dr Mansur itu dibuka Kadispora Sumatera Utara diwakili Sekretaris Disporasu Sakiruddin, SE, MM, Senin (28/11/2016) dengan dihadiri Staf  Disporasu dan Kepala Bidang Bina Kepemudaan Disporasu M. Tohir dan diikuti sebanyak 50 orang pengurus BEM dari perguruan tinggi Kabupaten/Kota di Sumatera Utara.

Sebagaimana yang disampaikan ketua panitia Rekhana Syahbi, bahwa tujuan pelatihan selain untuk memahami kehidupan mahasiswa, juga untuk mengetahui tantangan mahasiswa  dan resiko Masyarakat Ekonomi Asian (MEA) bagi mahasiswa melalui berbagai metode antara lain klasikal, diskusi dan praktek dengan memadukan tiori-tiori yang dimiliki mahasiswa di kampus.

Kadisporasu dalam sambutan tertulisnya yang dibacakan Sakiruddin SE, ME mengharapakan kepada peserta gar fokus dan disiplin mengikuti pelatihan , karena mahasiswa sebagai peneerus generasi bangsa dan sebagai agen pembaharuan akan berhadapan dengan MEA. Pelatihan dilakukan yang dilakukan dalam upaya menghadapi persaingan MEA, sekaligus uapaya pembinaan mahasiswa yang lebih terampil dalam berbagai aspek kehidupan di tengah arus globalisasi.sakitr

Saatini  jumlah mahasiswa Indonesia  4,8 juta orang. Bila dihitung terhadap populasi penduduk berusia 19-24 tahun, maka angka partisipasi kasarnya baru 18,4 persen. Dari usia itu yang tidak mengalami pendidikan perguruan tinggi 81 persen.

Mahasiswa sebagai agen pembaharuan, genereasi penerus bangsa dan sebagai insan akademik yang masih memiliki tiori-tiori akan berhadapan dengan permasalahan di masyarakat dan diharapkan bisa memberikan solusi.

“Persaingan MEA hanya bisa dimenangkan dengan peningkatan SDM,  itu didapat dari perguruan tinggi dan adik-adiklah yang akan berhadapan pada masa mendatang”,ujar Kadisporasu. (SB/01)

 

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.