Dinkes Labura Gelar Operasi Katarak

lbrSentral Berita| Labura~Dinas Kesehatan (Dinkes) Kabupaten Labuhanbatu Utara (Labura) Sumatera Utara menggelar operasi katarak. Kepala Bidang Pelayanan Masyarakat (Kabid Yankes), Tigor Pasaribu SKM mengatakan pada awak media perihal proses kegiatan.

“Sekira 200 orang lebih yang hendak dilakukan operasi katarak. Sebelumnya dilakukan penjaringan dengan tahapan pemeriksaan kesehatan sebelum dilaksanakan operasi. Pemeriksaan tersebut terdiri dari pemeriksaan gula darah, tensi mata, tensi darah yang dilakukan di puskesmas guting saga. Hal tersebut menentukan apakah si pasien sudah layak dilakukan operasi katarak”. Tandasnya.

Dijelaskannya, penyakit katarak tersebut disebabkan dari beberapa faktor yaitu, biasanya saat di usia lanjut banyak yang kena katarak dan pola hidup merawat mata supaya sehat (konsumsi sayuran dan lainnya). Sebelumnya kegiatan ini juga sudah disosialisasikan disetiap puskesmas se-Labura, serta dilakukan  pemasangan spanduk.

Masih kata Tigor, kegiatan operasi katarak dilakukan gratis tanpa dipungut biaya dan akan dilaksanakan pada tanggal 2 november mendatang, selama dua hari bertempat di RSUD Aekkanopan.

Lanjutnya, dalam hal ini kita melibatkan sekira 20 tim medis, 5 orang dokter yang sudah tergabung dari medan dan selebihnya tenaga perawat. Kegiatan ini juga berkaitan dengan menyambut Hari Kesehatan yang jatuh di bulan november mendatang. Ujarnya.

Saat dikonfirmasi awak media, salah satu pasien penderita katarak bernama Dinem (71) Warga Desa Pulo Jantan, Kecamatan Aek Kotabatu, Kabupaten Labura perihal kegiatan tersebut menuturkan “saya sudah lama menderita katarak. Kesulitan saya saat membaca sudah mulai kabur dan tak jelas, harus memakai lensa. Mendengar ada operasi katarak gratis dari pemerintah, saya senang sebab sangat membantu sekali bagi masyarakat”. Ujarnya.

Lanjut nenek tersebut. Jika operasi diluar mungkin biayanya sudah jelas jutaan. Semoga setelah mata saya dioperasi katarak dapat melihat dengan jelas kembali. Harapan masyarakat pada pemerintah, mudah-mudahan kegiatan tersebut dapat berlangsung setiap tahunnya. Tandasnya.  (SB/Wandi)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.