Kepala BIN Sutiyoso Diganti, Budi Gunawan Bakal Penggantinya

Sutiyoso (Foto-Kompas.com)
Sutiyoso (Foto-Kompas.com)

Jakarta, (Sentralberita)-Presiden Joko Widodo (Jokowi) telah melayangkan surat pergantian Kepala Badan Intelijen Negara (BIN) Sutiyoso ke Dewan Perwakilan Rakyat (DPR).

“Kalau soal pejabat BIN memang itu kan tidak punya batas waktu, ada yang panjang dan pendek, memang tidak ada aturan, sesuai dengan pertimbangan Pak Presiden bahwa ini perlu diganti dan tidak perlu diganti,” kata Kalla di Kantor Wapres, Jakarta, Jumat (2/9/2016) sebagaimana yang dilansir Kompas.com.

Wapres menegaskan, pergantian Sutiyoso sepenuhnya menjadi hak prerogatif Presiden Jokowi. Jika memang Presiden menganggap pergantian Sutiyoso diperlukan, maka mantan Ketua Umum Partai Keadilan dan Persatuan Indonesia itu akan diganti.

Dalam surat yang dilayangkan Presiden pagi ini,  bakal digantikan oleh Wakil Kepala Polri Komisaris Budi Gunawan

Lantas, apakah Sutiyoso akan diberi jabatan lain setelah tak lagi menjabat sebagai Kepala BIN?

“Tentu semua juga dipertimbangkan, tetapi juga menyangkut usia. Tentu kalau aktif secara langsung tentu melampaui, tetapi tentu Presiden akan mempertimbangkan yang sesuai dengan beliau,” ujar Kalla.

Sebelumnya, pimpinan DPR telah menerima surat usulan pergantian Kepala BIN dari Presiden . Surat tersebut diantarkan oleh Menteri Sekretaris Negara Pratikno, Jumat (2/9/2016) pagi.

“Jadi, Kepala BIN diusulkan nama baru, yaitu PakBudi Gunawan Proses selanjutnya di DPR karena harus ada pertimbangan dari DPR,” ujar Pratikno di Kompleks Parlemen, Senayan, Jakarta, Jumat.

Saat ditanya alasan pergantian, Pratikno mengatakan, langkah itu hanya regenerasi dan tak ada periodisasi yang tegas terkait masa jabatan kepala BIN.(SB/01)

4 thoughts on “Kepala BIN Sutiyoso Diganti, Budi Gunawan Bakal Penggantinya

  • November 25, 2023 pada 6:33 pm
    Permalink

    570334 325105Extremely greatest man toasts, nicely toasts. is directed building your personal by way of the wedding celebration as a result are supposed to try to be witty, amusing and consequently unusual as effectively as. greatest mans speech 935046

  • Maret 29, 2024 pada 10:43 pm
    Permalink

    759466 427786The Twitter application page will open. This really is great if youve got some thousand followers, but as you get more and more the usefulness of this tool is downgraded. 215919

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *