Polandia Tawarkan Kerjasama Pengolahan Air Bersih & Kesehatan

WaliMedan, (Sentralberita)-First Consellor Head of Trade and Investment Promotion Section dari  Kedutaan Besar Republik Polandia di Jakarta,  Romuald Morawski  menawarkan sejumlah kerjasama dengan Kota Medan.  Dari sejumlah kerjasama yang ditawarkan tersebut,  Wali kota Medan, Drs H T Dzulmi Eldin S MSi  tertarik di bidang pengolahan air bersih dan kesehatan,

Hal ini terungkap ketika Morawski  diterima Eldin di rumah dinas Wali Kota Jalan Sudirman Medan, Kamis (18/8). Selain itu Morawski yang hadir didampingi Ketua  Kadin Kota Medan,  Rudi Zulham Hasibuan serta beberapa anggota lainnya juga mengajak untuk membuka hubungan seperti sister city yang disebut territorial cooperation .

Menurut Morawski, hubungan Polandia dan Indonesia sudah terjalin  dengan baik selama ini, termasuk dengan Kota Medan. Malah ketika pemerintahan kolonial Belanda masih berkuasa, Polandia telah berinvestasi dengan membuka perkebunan di sekitar kawasan Polonia. “Terbukti  kata Polonia yang dijadikan nama Bandara Polonia berasal dari bahasa Polandia,” kata Morawski.

 Wali Kota Medan, Drs H T Dzulmi Eldin didampingi beberapa pimpinan SKPD,menyambut bauik tawaran kerjasama tersebut, kerjasama di bidang pengolahan air besih dan kesehatan. Khusus untuk pengolahan air bersih,  Eldin mengungkapkan Mendagri telah menginstruksikan pengelolaan air bersih harus dilakukan pemerintah kota (Wali Kota).

“Untuk itu kita sangat tertarik untuk melakukan kerjasama pengolahan air bersih dengan Polandia. Pengelolaan air bersih itu bisa memanfaatkan sumber yang ada ada seperti sungai ataupun air laut. Kita harapkan kerjasama ini dapat terealisasi,” harap Eldin. (SB/01/H)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.