Pengenalan Kehidupan Kampus UMSU, Gubsu: Mahasiswa Harus Menjadi Agen Perubahan

Erry menyapa mahasiswa, Retoktor UMSU Agusssani memandangi dan bangga. (foto-Ist)
Erry menyapa mahasiswa, Retoktor UMSU Agussani memandangi dan bangga. (foto-Ist)

Medan, (Sentralberita)- Gubernur Sumatera Utara Ir HT Erry Nuradi MSi berharap agar mahasiswa dapat menunjukkan eksistensinya sebagai agen of change (agen perubahan) layaknya pendiri Muhammadiyah KH Ahmad Dahlan. Hal itu disampaikannya pada sambutan pembukaan Mastar (Masa Ta’aruf) Pengenalan Kehidupan Kampus Bagi Mahasisqa Baru (PKKMB) ,Senin ( 29/8) di pelataran parkir kampus UMSU Jalan Muktar Basri Medan.

Hadir pada acara tersebut pimpinan wilayah Muhammadiyah Sumut Prof DR Hasyimsyah  Nasution, Ketua Aisiyah Elvita, Badan Pembina Harian UMSU Drs H Dalail Ahmad , Rektor UMSU DR Agussani MAp serta sejumlah civitas Akademika UMSU.
Besar harapan Gubsu agar para mahasiswa dapat menjadikan momentum penting ini sebagai sarana edukasi dan pencerahan kepada mahasiswa baru dalam rangka menanamkan karakter dan akhlak mulia yang berpedoman pada Al quran dan hadis.
Sejalan dengan itu Gubsu juga mengatakan  para mahasiswa baru bisa mengisi PKKMB dengan berbagai kegiatan-kegiatan positif dalam upaya menyiapkan lulusan yang SDM yang berkompeten, berintegritas dan siap terjun ke dunia kerja.
“Seiring diberlakukannya MEA tantangan yang kita hadapi semakin berat dan kompleks tentunya kecakapan, keandalan dan keunggulan SDM merupakan prasyaratan yang harus diperhatikan dan dipersiapkan agar dapat memenangi persaingan tersebut,”jelas Gubsu.
Gubsu juga menambahkan kalau keberhasilan dari mahasiswa tak terlepas dari peran para dosen sebagai pendidik. “Upaya peningkatan kualitas dan kompetensi dosen sebagai kunci utama dalam pendidikan,”paparnya.
Sembari itu Gubsu meminta kepada para civitas akademika, kemitraan untuk terus memantapkan jaringan kerjasama, kemitraan dan sinergitas dengan para alumni, pemerintah, pergururan tinggi dan stakeholder.
Lebih lanjut Gubsu juga mengucapkan selamat kepada UMSU yang tetap mendapat kepercayaan dari masyarakat yang tahun akademik 2016/2017   menerima mahasiswa baru sebanyak 4.000 orang. Ini menunjukkan ekspektasi (harapan) yang luar biasa dari masyarakat. “Untuk itu mari kita jaga kepercayaan dan amanah tersebut dengan pelayanan dan pendidikan yang berkualitas,”kata Gubsu
Sementara Rektor UMSU DR Agussani  menyampaikan terima kasih atas ke datangan Gubsu sembari membuka PKKMB mahasiswa baru UMSU.  Serta memberi aspresiasi atas kepedulian pemerintah yang memberi lahan sekitar 20 hektar di daerah Sampali.
Pada kesempatan itu Rektor UMSU juga menyampaikan bahwa UMSU tidak hanya meluluskan sarjana handal sesuai dengan selogannya Unggul, Terdepan dan Terpercaya.
Selain itu mahasiswa dan mahasiswi UMSU juga berprestasi di non akedemik seperti olahraga, tari,  MTQ serta bidang lainnya. “Hari ini mahasiswa kita menjuarai PON Mahasiswa diadakan kopertis, belum lama ini tim tari UMSU memenangkan juara tari tingkat international diadakan di Thailand dan banyak lagi prestasi yang diukir mahasiswa UMSU,”ujarnya.
Untuk itu Rektor juga mengajak mahasiswa /mahasiswi tak hanya berprestasi di bidang akademik juga non akademik
Untuk akedemik sendiri UMSU yang kini mahasiswa/mahasiswi mencapai 23 ribu orang diasuh oleh 4 guru besar dan 50 dosen bergelar Doktor dan ratusan dosen magiste (SB/01)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.