Kendalikan Tingkat Inflasi, Eldin Raih Penghargaan TPID Inovatif

kendMedan, (Sentralberita)- Kota Medan kembali meraih penghargaan dari pemerintah pusat. Kali ini ibukota Provinsi Sumatera Utara tersebut mendapatkan penghargaan Tim Pengendalian Inflasi Daerah (TPID) Inovatif 2016. Penghargaan bergengsi  ini  diserahkan langsung  Menteri Dalam Negeri (Mendagri) Republik Indonesia, Tjahjo Kumulo  kepada Wali Kota Medan, Drs H T Dzulmi Eldin S MSi di Hotel Grand Sahid Jaya, Jakarta, Kamis (4/8).

Penghargaan ini diberikan atas keberhasilan Pemko Medan di bawah kepemimpinan Eldin mampu mengendalikan tingkat inflasi di Kota Medan tahun 2015. Pasalnya, tingkat inflasi Kota Medan saat itu hanya 3,32 % yang berada di bawah inflasi nasional sebesar  3,35 %. Yang membanggakan lagi, keberhasilan ini merupakan yang ketiga kalinya diraih Kota Medan.

Sebelumnya tahun 2013, Kota Medan mendapatkan penghargaan TPID atas keberhasilan mengendalikan inflasi pada tahun 2012. Dua tahun berselang, tepatnya tahun 2015, Kota Medan kembali mendapatkan penghargaan TPID Terbaik Nasional Wilayah Indonesia Barat (Sumatera) atas keberhasilan mengendalikan inflasi tahun 2014.

 Sedangkan untuk tahun 2016 ini, Kota Medan langsung menyabet penghargaan TPID Inovatif yang baru tahun ini ditampilkan. Keberhasilan ini tidak terlepas dari keberhasilan Pemko Medan mengendalikan inflasi  tahun 2015. Yang menarik  lagi keberhasilan ini tidak terlepas atas inovasi Wali Kota  yang dilakukan  Eldin dalam mengendalikan inflasi

Menurut Kabag Ekonomi Setdakot Medan, Dahnar Nasution yang ikut mendampingi Wali Kota menerima penghargaan itu,  ada sejumlah inovasi yang telah dilakukan Wali Kota dalam mengendalikan inflasi di Kota Medan. Selain melakukan pertanaman bawang merah di atas lahan seluar sekitar 15 ha di Kecamatan Medan Marelan, Eldin juga telah mengoperasikan Pasar Induk Laucih di Kecamatan Medan Tuntungan untuk pedagang sayur dan buah.

“Inovasi yang dilakukan Wali Kota ini mendapat apresiasi dari pemerintah pusat, sehingga kita mendapatkan penghargaan TPID Inovatif yang baru pertama kali ini dilombakan. Tentunya penmghargaan ini sangat membanggakan bagi Kota Medan,” kata Dahnar.

 Selain itu tambah Dahnar lagi, Wali Kota juga mengistruksikan pembentukan TPID yang selalu memonitoring harga pasar kebutuhan pokok. Begitru terjadinya kenaikan harga, TPID langsung melakukan operasi pasar dengan instansi terkait seperti Bulog. Di samping itu juga rutin menyalurkan raskin kepada warga kurang mampu.

Pemberian penghargaan TPID ini turut dihadiri Presiden RI, Joko Widodo. Di kesempatan itu Presiden menyerahkan penghargaan TPID Terbaik yang dikelompokkan berdasarkan tiga wilayah yakni Sumatera, Jawa, dan Kawasan Timur Indonesia. Untuk wilayah Sumatera Utara, TPID Terbaik diraih Provinsi Sumatera Utara, wilayah Jawa diraih Jawa Timur sedangkan wilayah Timur Indonesia diperoleh Provinsi Bali.

Sementara itu Wali Kota Medan, Drs H T Dzulmi Eldin S MSi mengaku sangat bangga dengan penghargaan  yang diteruima ini. Dia berharap penghargaan ini semakin memotivasi semua untuk terus meningkatkan kinerja dalam rangka mengendalikan laju inflasi di Kota Medanm. “ Penghargaan  ini saya dedikasikan untuk seluruh warga Kota Medan. Sebab, keberhasilan ini tak terlepas berkat dukungan dan partisipasi dari seluruh warga Kota Medan,” kata Wali Kota.

Eldin selanjutnya mengajak seluruh jajaran Pemko Medan untuk terus berkreasi dan berinovasi dalam melaksanakan program-program yang lebih pro rakyat. Artinya melalui penghargaan ini dapat  menginspirasi  apratur Pemko Medan untuk bekerja lebih baik lagi pada masa mendatang, khususnya dalam upaya pengendalian inflasi. (SB/01/H)    

2 thoughts on “Kendalikan Tingkat Inflasi, Eldin Raih Penghargaan TPID Inovatif

  • Februari 1, 2024 pada 6:10 pm
    Permalink

    368604 978459Following examine a couple of of the weblog posts on your site now, and I truly like your way of blogging. I bookmarked it to my bookmark web site list and shall be checking once again soon. Pls try my internet site online as well and let me know what you think. 714295

  • Maret 26, 2024 pada 2:41 am
    Permalink

    766335 171919I enjoy your wp format, exactly where did you get a hold of it? 260407

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *