Kafilah Sumut bawa pulang 6 juara dari MTQ, Gubsu Terima Mandat Tuan Rumah

 Ketua Lembaga Pengembangan Tilawatil Quran (LPTQ) Nasional Prof Dr H Machasin MA yang juga Dirjen Binmas Islam Kementerian Agama menyerahkan mandat tuan rumah Musabaqah Tilawatil Quran Tingkat Nasional (MTQN) ke-27 tahun 2018 kepada Gubsu Ir HT Erry Nuradi MSi pada acara penutupan MTQN ke-26 di Islamic Centre Kota Mataram Lombok, Nusa Tenggara Barat (NTB), Sabtu (6/8)

Ketua Lembaga Pengembangan Tilawatil Quran (LPTQ) Nasional Prof Dr H Machasin MA yang juga Dirjen Binmas Islam Kementerian Agama menyerahkan mandat tuan rumah Musabaqah Tilawatil Quran Tingkat Nasional (MTQN) ke-27 tahun 2018 kepada Gubsu Ir HT Erry Nuradi MSi pada acara penutupan MTQN ke-26 di Islamic Centre Kota Mataram Lombok, Nusa Tenggara Barat (NTB), Sabtu (6/8)

Mataram (Sentralberita)– Ketua Lembaga Pengembangan Tilawatil Quran (LPTQ) Nasional Prof Dr H Machasin MA yang juga Dirjen Binmas Islam Kementerian Agama menyerahkan mandat tuan rumah Musabaqah Tilawatil Quran Tingkat Nasional (MTQN) ke-27 tahun 2018 kepada Gubsu Ir HT Erry Nuradi MSi.

Mandat berupa Bendera LPTQ sebagai lambang penyelenggaraan MTQ yang dikibarkan di tempat tuan rumah MTQ sejak tahun 1964 setiap dua tahun sekali ini diterima Gubsu pada acara penutupan MTQN ke-26 di Islamic Centre Kota Mataram Lombok, Nusa Tenggara Barat (NTB), Sabtu (6/8)

Dihadapan Menteri Agama Lukman Hakim Saifuddin, Gubernur NTB TGH M Zainul Majdi dan puluhaan ribu masyarakat NTB yang memenuhi lokasi itu, Gubernur juga menerima Surat Keputusan (SK) Menteri Agama tentang penetapan tuan rumah ini.

Acara yang berlangsung meriah namun tetap khusuk bernuansa Qur’ani ini dimulai dengan pengibaran bendera LPTQ oleh Pasukan Pengibar dan Penurunan Bendera sebagaiman Paskibraka. Bendera simbol kemegahan MTQ yang berkibar di negeri seribu mesjid NTB ini sejak dibuka Presiden RI Joko Widodo pada 30 Juli lalu.

Menteri Agama berpesan agar martabat MTQ benar-benar dijaga dan digebyarkan di Sumut tahun 2018. “Saya yakin Sumut dapat menggelar MTQN ke-27 nanti secara baik dan sukses,” ujar Menteri disambut riuh tepuk tangan hadirin.

Gubernur NTB TGH M Zainul Majdi optimis Provinsi Sumatera Utara (Sumut) dapat lebih baik dari MTQN ke-26 yang digelar di NTB tahun ini. “Masyarakat Sumut akan lebih sukses menggelar pesta akbar Al Quran ini,” ujarnya.

Gubsu yang menerima mandat nasional ini didampingi Ketua LPTQ Sumut Prof Dr H Mohd Hatta MA dan belasan pimpinan satuan kerja perangkat daerah (SKPD) Pemprovsu menyatakan syukur atas kepercayaan nasional menggelar Gebyar Qurani setelah 45 tahun lalu, yakni tahun 1971, Sumut tuan rumah MTQN ke-2.

“Alhamdulilah, amanah pemerintah pusat melalui Menteri Agama ini merupakan mimpi yang menjadi kenyataan bagi masyarakat Sumut. Insya Allah segenap masyarakat Sumut siap menggelar even nasional yang sangat religius ini,” ujarnya. Gubsu mengungkapkan pihaknya akan berupaya semampunya mensukseskan penyelenggaraan MTQ 2018 dengan dukungan masyarakat Sumut.

“Semoga mendapat berkah dan hidayah Allah SWT,” tambah Gubsu Erry yang saat menjabat Bupati Sergai pernah menggelar MTQ tingkat Provinsi Sumut dan tercatat sangat sukses dan dihadiri dua menteri dan Dubes serta konsul negara sahabat.

Dikemukakan Gubsu bahwa Sumut menjadi tuan rumah tahun 2018 ini merupakan usulan pihaknya dan keinginan umat Muslim Sumut yang sudah lama diidamkan.

Proses penetapan ini telah melalui penilaian panjang dan objektif termasuk pencitraan positip yang ditunjukkan Kafilah MTQN ke-26 asal Sumut di Mataram sejak dibuka Presiden Joko Widodo pada 30 Juli hingga ditutup Menteri Agama 6 Agustus 2016.

Sementara itu Kafilah Sumut pada MTQN ke-26 di Mataram berhasil meraih enam juara masing-masing Juara 2 Nasional Cabang Tafsir Al Quran Bahasa Inggreris Putera atas nama Alwisyah Dalimunthe.

Selanjutnya Tilawah Quran Golongan Remaja Putera Juara Harapan 3 atas nama Ahmad Khairi Novandra, Tilawah Quran Golongan Cacat Netra Putri juara Harapan 1 atas nama Khomsaniati, Cabang Qiraat Saba’ Putera Juara Harapan 2 atas nama Jakpar, Hafiz Quran Golongan 5 Juz dan Tilawah Puteri Juara Harapan 1 atas nama Nabilah Suharso dan Fahmil Quran Juara Harapan 1.  Selain itu Pawai Taaruf dari Sumut juga masuk 10 besar terbaik.

Ketua LPTQ Sumut Prof H Mohd Hatta MA menyatakan faktor yang paling utama terpilihnya Sumut tuan rumah adalah kesungguhan dan keseriusan Gubernur Sumatera Utara Ir H Tengku Erry Nuradi beserta seluruh jajaran SKPD, bupati dan walikota serta para tokoh berbagai elemen manjadi kekuatan Sumut sebagai tuan rumah,.

Kita pastikan bahwa Sumut sangat siap sebagai tuan rumah dan bapak Menteri Agama sudah sangat faham terhadap kesiapan Sumut sebagai tuan rumah,” ujarnya. (SB/01)

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.