Musim Kemarau: Debit Air Sibolangit Turun, Pelayanan PDAM Tirtanadi Terganggu

pdMedan, Sentralberita)- Anomali perubahan cuaca yang terjadi akhir akhir ini berdampak pada ketersediaan air bersih PDAM Tirtanadi.

Hal ini diungkapkan Direktur Air Minum PDAM Tirtanadi Ir. Delviyandri, M.Psi saat meninjau jaringan pipa transmisi dari Sumber Air Siboangit di Bak Kuala, Namorambe.

Menurut Delviyandri, musim kemarau tahun ini yg diprediksi terjadi pada bulan Agustus ternyata terjadi lebih cepat dari perkiraan.

“Musim kemarau yg diperkirakan pada bulan Agustus terjadi lebih cepat pada pertengahan bulan Juni ini,” kata Delviyandri.

Hal ini berdampak pada ketersediaan air bersih khususnya yang bersumber dari Sibolangit.

“Debit air Sibolangit mengalami penurunan dari 650 l/d turun menjadi 540 l/d, terjadi penurunan sekitar 110 l/d,” kata Delviyandri.

Selain itu, press (tekanan) air yang biasanya 5,4 kg/cm2 turun menjadi 2,8 kg/cm2, tambah Delviyandri.

Akibat penurunan debit dan tekanan air dari Sumber Air Sibolangit, beberapa kawasan mengalami gangguan pelayanan yaitu : Jalan Jamin Ginting – Pancur Batu, Simpang Selayang, RS. Adam Malik, Perumnas Simalingkar, Jalan  Bunga Rinte Raya, Jalan Stella, Jalan Pencawan, Jalan Bunga Pancur Siwa, Jalan Bunga Pancur, RS. Jiwa Sembada, Jalan Palas Raya, Kompleks AURI Jalan Suwondo, Karang Sari, Perumahan Citra Wisata, Gedung Johor sekitarnya.

pd2Namun PDAM Tirtanadi mencoba mencari solusi dengan menambah supply air dikawasan tersebut yang bersumber dari IPA Sunggal dan IPA Deli Tua.

Pantauan wartawan dilapangan terlihat Petugas PDAM Tirtanadisibuk melakukan pengaturan jaringan perpipaan ditengah teriknya panas matahari dan beberapa diantaranya dalam keadaan sedang berpuasa.

Untuk ketersediaan sumber air baku yang berasal dari air permukaan (Sungai), Delviyandri menuturkan bahwa belum ada penurunan debit yg signifikan sehingga belum mempengaruhi produksi air di Instalasi Pengolahan Air PDAM Tirtanadi.

“Kami mohon maaf atas gangguan ini, hal ini sepenuhnya merupakan gejala alam diluar kemampuan kami,” ujar Delviyandri.

Pelanggan kami yang mengalami gangguan air dapat menyampaikan keluhannya ke cabang terkait atau melalui layanan HaloTirtanadi ke nomor  1500 922, kata Delviyandri. (SB/01/Rel)

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.