Direksi PDAM Tirtanadi Rubah Mindset

 Direktur Administrasi Keuangan Arif Haryadian dan Direktur Air Minum Delviyandri Tanjung ke sejumlah cabang dan instalasi selama bulan puasa dan berlanjut hingga saat perayaan Idul Fitri 1437 Hijriyah berlangsung. (fot-is)
Direktur Administrasi Keuangan Arif Haryadian dan Direktur Air Minum Delviyandri Tanjung ke sejumlah cabang dan instalasi selama bulan puasa dan berlanjut hingga saat perayaan Idul Fitri 1437 Hijriyah berlangsung. (fot-is)

Medan, Sentralberita)- Bertemu dengan Direksi PDAM Tirtanadi Sumut bukan perkara mudah. Bertemu, berarti pula ada urusan penting, atau setidaknya karena ada panggilan khusus dari Direksi. Untuk urusan foto bersama, apalagi chatting di medsos bagaikan ‘mimpi’ bagi sebagian besar Pegawai PDAM Tirtanadi. Kondisi ini terutama dialami oleh para Pegawai yang bertugas sebagai operator di Instalasi Pengolahan Air maupun di Booster Pump.

Tapi itu cerita dulu, dan kini sudah tak berlaku lagi. Direksi PDAM Tirtanadi periode 2015-2019 kini telah merubah mindset, yakni dengan menjalin kedekatan dengan para pegawai. Tidak saja karena urusan pekerjaan, namun juga secara emosional.

Hal itu terlihat dari blusukan yang dilakukan jajaran Direksi, yakni Direktur Administrasi Keuangan Arif Haryadian dan Direktur Air Minum Delviyandri Tanjung ke sejumlah cabang dan instalasi selama bulan puasa dan berlanjut hingga saat perayaan Idul Fitri 1437 Hijriyah berlangsung.

Sebagaimana terlihat dari sejumlah foto yang berhasil diabadikan dan diunggah ke laman media sosial facebook, terlihat Arief dan Delviyandri melakukan interaksi dengan para pegawai. Interaksi yang menjadi motivasi tersendiri bagi para pegawai.

Arif dalam laman facebook nya menyebutkan kunjungan yang ia lakukan diantaranya ke Sumur Bor Walkiki dan bertemu dengan pak Saiful, ke BP Simalingkar dan bertemu dengan pak Amat, pak Budi dan pak Zulham. Berlanjut kunjungan ke SB Teh Simalingkar dan bertemu dengan pak Lubis, ke SB Vanilla Simalingkar dan bertemu dengan pak Ginting serta kunjungan ke Kantor Cabang Padang Bulang dan bersilaturahmi dengan dengan para pegawai.

Sementara itu, Delviyandri Tanjung, yang juga dalam laman facebooknya menyebutkan, sejumlah kunjungan itu ia lakukan diantaranya di ke Cabang Pemasaran dan Instalasi Pengolahan Air (IPA) Sunggal. Disusul dengan melihat langsung kondisi sumber mata air Sibolangit yang mengalami penurunan debit akibat anomali cuaca.

Selanjutnya, berkeliling dengan mengunjungi IPA Martubung dan IPA Hamparan Perak untuk melihat persiapan pelayanan air minum di dalam menghadapi libur panjang, sekaligus melakukan diskusi dan silaturahhim dengan para staff di Instalasi Pengolahan Air Minum Martubung yang diketahui baru beroperasi.

Amatan Penulis, sejak dilantik menjabat Direksi PDAM Tirtanadi periode 2015 hingga 2019, ke-4 Direksi PDAM Tirtanadi memang terlihat doyan blusukan ke berbagai unit produksi, maupun unit pelayanan serta berinteraksi dengan pegawai yang sedang bertugas.

Khususnya di bulan Ramadhan 1437 Hijriyah tahun 2016 ini, intensitas kunjungan ke berbagai unit produksi dan pelayanan pun terlihat semakin meningkat. Dan yang sangat membanggakan, yakni dimana kunjungan itu dilakukan saat semua orang sibuk berpergian ataupun mudik merayakan Hari Raya Idhul Fitri 1437 H.

Oleh penulis, Blusukan ala Direksi itu coba dikonfirmasi kepada Direktur Administrasi Keuangan Arif Haryadian, Sabtu (9/7). Arif terlihat tengah melakukan inspensi mendadak (sidak) di Pos Satpam Kantor Pusat PDAM Tirtanadi. Penuturan Arif, kunjungan ke beberapa unit produksi itu, selain untuk menjalin hubungan silaturahim dengan Pegawai di moment Idul Fitri, juga untuk memotivasi Pegawai agar tetap semangat bekerja walau harus terpaksa terpisah dengan keluarga.

“Kami ingin hubungan antara Manajemen dengan Pegawai memiliki ikatan bathin yang kuat, untuk bersama sama membangun perusahaan ini, selain itu kami ingin memotivasi Pegawai yang sedang bertugas di hari libur panjang ini,“ kata Arif.

Arif menuturkan, di moment Idul Fitri siapapun ingin berkumpul dengan keluarga. Namun, tugas yang di emban dengan menjaga ketersediaan air agar tetap terjaga, adalah sebuah pertimbangan lain.

“Kita semua tahu bahwa di moment seperti ini semua orang ingin berkumpul dengan keluarga, namun karena tugas maka mereka terpaksa meninggalkan keluarga untuk melaksanakan tugas agar ketersediaan air kepada pelanggan tetap terjamin,” tutur pria ramah senyum itu.

Terpisah, Direktur Air Minum Delviyandri Tanjung menuturkan hal senada. Menurut ia, dukungan dan motivasi sangat diperlukan oleh para Pegawai yang sedang melaksanakan tugas. Terlebih saat hari raya berlangsung.

“Coba kita bayangkan, di saat semua orang sibuk mengunjungi keluarga masing masing dan berekreasi dengan keluarganya ke tempat tempat pariwisata, mereka harus meninggalkan keluarganya untuk melaksanakan tugas,” kata Delviyandri.

Ia menambahkan, apa yang dilakukan para pegawai di lapangan, adalah sebuah pengorbanan yang tak ternilai.

“Apa yang mereka terima sebagai imbalan dalam melaksanakan tugas di hari libur seperti ini tidak lah sebanding dengan kehilangan kesempatan berkumpul bersama keluarga,” kata Delviyandri.

Blusukan yang dilakukan oleh Direksi itu pun menuai banyak komentar dari para Pegawai PDAM Tirtanadi. Beragam komentar positif dan dukungan mengalir.

Diantaranya, komentar Operator Booster Pump Simalingkar, Ahmad Duriadi ketika dihubungi melalui telepon. Ahmad mengaku bangga memiliki Direksi yang sangat peduli dengan bawahannya. Ahmad juga merasa semakin bersemangat untuk memberikan pelayanan terbaik kepada para pelanggan.

“Syukur Alhamdulilah Direksi sekarang sangat peduli kepada Pegawai khususnya kepada kami operator yang selama ini dianggap sebagai anak terbuang,” kata Ahmad.

Ahmad menuturkan, meski akibat dari kunjungan itu menyebabkan dirinya harus bekerja lebih ekstra, namun ia mengaku senang, apalagi kunjungan langsung dari Direksi baru kali ini ia dapatkan.

“Dulu, lanjut Zulhadi jangankan Direksi mau datang, awak jumpai aja pun susah apalagi foto foto chating di medsos mimpilah kalo bisa, namun ada juga gak enaknya, kami udah gak bisa neko neko lagi keraj karena bisa bisa Direksi tiba tiba sudah datang”, kata Ahmad sembari tertawa. (Penulis : Zaman K. Mendrofa / Asisten I Divisi Public Relations

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.