FE Unpri Gelar Seminar Nasional, Mahasiswa Harus Kreatif, Gali Potensi Sejak Dini

UNMedan, (Sentralberita)- Fakultas Ekonomi  (FE) Universitas Prima Indonesia (UNPRI)  menggelar seminar nasional ke enam. Melalui kegiatan ini mahasiswa diajak untuk kreatif dan menggali potensi diri sejak dini. Sehingga bisa mencapai sukses diusia muda.

Kegiatan yang mengusung tema “creative and energetic enterpreneurs” di gelar di gedung Selecta Ballroom, Rabu (15/6/2016) kemarin, menghadirkan tiga narasumber masing-masing Irwan Wiseful Berutu, seorang motivator, author dan juga entrpeneur, kemudian Jansen Sinamo, guru etos Indonesia serta Daniel Mananta yang merupakan host dan enterpreneur.

Dihadapan sekira 2000 peserta yang terdiri dari mahasiswa, dosen dan juga mahasiswa, Irwan Wiseful Berutu mengatakan, jatuh bangun pasti ada jatuh bangunnya.

Namun, ketika gagal jangan pernah berhenti untuk mencoba dan mencoba lagi. Karena menjadi wirausaha, harus punya daya juang yang tinggi. Karena hidup adalah perjuangan. “Hidup adalah perjuangan, siapa yang cepat bertindak dialah yang akan memenangkan pertandingkan,”katanya.

Menjadi seorang wirausaha atau entrepreneur, harus menemukan hal-hal baru, apalagi dikampus. Oleh karenanya dia meminta agar mahasiswa mulai berfikir kreatif.

Karena apa yang dipelajari dibangku pendidikan dengan menghafal misalnya, sangat berbeda dengan apa yang ditemukan di lapangan. Dia meminta agar mahasiswa mulai berusaha dari fesyen dengan memulai dari hobi.

Dia mengatakan hidup itu proses, jika mau sukses harus menemukan fesyen sedini mungkin dan melakukan action. Karena selagi muda, itulah modal utamanya. Dengan membangunkan potensi yang sedang tidur.

Banyak cara yang bisa dilakukan untuk menemukan potensi diri. Mulai dengan membaca buku, dengan sesuai dengan hobi dan baca buku-buku yang positif.

Dia mengingatkan mahasiswa untuk berfikir kreatif. Karena di setiap masalah, ada peluang.  Kemudian  kelemahan bisa dijadikan sebagai kekuatan.

Dekan FE Unpri, Cut Fitri Rostina, SE, MM mengatakan melalui kegiatan ini bertujuan untuk membuka paradigma mahasiswa. Sehingga dapat meningkatkan pengetahuan dan pemahaman mahasiswa tentang kewirausahaan.

Selain itu, juga untuk  meningkatkan kepedulian mahasiswa tentang pentingnya memiliki jiwa wirausaha diusia muda. Sekaligus memberikan motivasi dan kiat menjadi wirausaha muda yang kreatif dan energic.

“Atas dasar itulah kami menyelenggarakan seminar ini, dengan harapan generasi muda khususnya mahasiswa FE UNPRI tergerak dan ikut berperan aktif, dalam mencipatkan lapangan pekerjaan baru dan menjadi wirausaha enterpreneurship yang sukses, kreatif dan energic sesuai dengan tema seminar kita hari ini,”ujarnya.

Sementara itu, Kopertis Wilayah 1 Medan, Prof Dian Armanto sebelum membuka secara resmi seminar nasional ini, mengatakan ada empat ciri khas kampus yang baik. Yaitu kualitas tata kelola (managemen), kualitas SDM, kualitas penelitian dan kualitas kegiatan kemahasiswaan.

Untuk seminar yang dilakukan ini, merupakan bagian dari kualitas kegiatan mahasiswa. Dimana inovasi, kreatifitas, bagaiamam mengubah mahasiswa Unpri menjadi wirausahawan dengan memanfaatkan ilmu yang sudah diperoleh di kampus.

Dalam kesempatan yang sama, jika dilihat dari ciri tersebut, dia menilai UNPRI termasuk kampus yang sehat.

Hadir dalam kesempatan tersebut, Kopertis Wilayah 1 Medan, Prof Diaan Armanto, Mpd, MA, MSc, PhD, Pembina Yayasan Perguruan Tinggi Prima Indonesia, Pembina, dr. I Nyoman Ehrich Lister  M.Kes AIFM, Ketua BPH Dr Tommy Leonard SH MKn, Penasehat UNPRI Dr RE Nainggolan SE MM.

Kemudian Rektor UNPRI Prof dr Djakobus Tarigan AAII DAAK, Wakil Rektor I UNPRI Seno Aji SPd. M.Eng, Prac, Wakil Rektor II UNPRI Ermi Girsang SKM MKes  dan koordinator Rektorat, Chrismis Novalinda Ginting, MKes.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.